Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Karpet Mobil Kotor usai Dipakai Mudik? Ini Cara Membersihkannya dengan Mudah

Karpet Mobil Kotor usai Dipakai Mudik? Ini Cara Membersihkannya dengan Mudah
Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus– Saat momen Lebaran banyak orang yang mudik menggunakan mobil bersama keluarga. Sebagian pemudik lainnya memilih pulang kampung menggunakan kendaraan umum.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terhadap kendaraannya. Hal ini bertujuan supaya kondisi mobil tetap terjaga dan siap digunakan untuk aktivitas rutin.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah membersihan interior mobil, seperti karpet bawah. Ini perlu dilakukan karena setelah dipakai perjalanan jauh membuat bodi dan interior mobil kotor serta berdebu.

Baca juga: Mobil Habis Dipakai Mudik Lebaran, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan

Mengutip dari Kompas.com, gerai cuci mobil belum banyak yang buka pasca lebaran berlangsung. Meski demikian, pemilik mobil bisa membersihkan karpet mobil secara mandiri di rumah.

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian membagikan tips bagi pemilik mobil yang akan membersihkan karpet secara mandiri. Langkah pertama, angkat karpet tambahan lalu bersihkan karpet dasar dengan penyedot debu atau vacuum cleaner. 

“Bagian dek mobil dan sela-sela mobil juga harus dibersihkan dengan moncong vacuum yang lebih kecil,” ujar Christopher.

Perlu diingat, bagi karpet berbahan beludru, perlu memerhatikan cara membersihkannya. Bersihkan dengan cara menyikat karpet secara searah agar tidak merusak bahan beludru tersebut.

Selanjutnya, untuk karpet tambahan berbahan dasar pvc coid murni, yaitu brand first class, akan mudah membersihannya. Caranya cukup membalikkan karpet dan tepuk-tepuk bagian belakang karpet agar kotoran rontok.

Kemudian semprot air bertekanan tinggi supaya lebih bersih. Langkah terakhir, jemur karpet di bawah sinar matahari hingga mengering.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: kompas.com

Comments
Loading...