Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perhatian! Ada Aplikasi Antivirus yang Berbahaya untuk HP Android, Jangan Sembarangan Unduh

Perhatian! Ada Aplikasi Antivirus yang Berbahaya untuk HP Android, Jangan Sembarangan Unduh
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Mengunduh aplikasi antivirus gratis untuk HP Android ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, ada sejumlah aplikasi yang ditengarai berbahaya atau mengandung malware dan bisa berdampak pada performa HP.

Nah, agar jangan sampai Anda terjebak atau terlanjur menggunakan aplikasi berbahaya atau mengandung malware berikut tipsnya, seperti dilansir dari Detik.com.

Pengguna Android biasanya membentengi ponselnya dari malware, virus dan file-file berbahaya lainnya dengan memasang aplikasi antivirus. Namun asal memasang antivirus gratisan justru dapat menjadi bumerang bagi penggunanya karena aplikasi tersebut rentan diusik oleh hacker.

Baca juga: Ini Cara Aman Mengunduh Aplikasi di Google Play Store biar Terhindar dari Malware

Peneliti keamanan siber dari Cybernews menerbitkan hasil analisis terhadap 40 aplikasi dan pembersih teratas yang paling banyak didownload di Google Play Store. Ke-40 aplikasi ini secara total telah diunduh lebih dari 918 juta kali serta beberapa diantaranya diunduh lebih dari 1 juta kali.

Aplikasi antivirus yang tersedia di Play Store ternyata tertinggal jauh dari standard keamanan aplikasi antivirus serupa untuk desktop. Kebanyakan aplikasi-aplikasi itu memiliki data tracker, bahkan link domain yang berpotensi berbahaya.

Pengguna Android umumnya tertarik mengunduh aplikasi sebagai pelindung dan menjaga perangkat yang dapat bekerja secepat mungkin dengan membersihkan file sampah dan cache. Banyaknya aplikasi gratis dan fitur di dalamnya yang juga gratis, justru menyimpan risiko tersembunyi.

Risiko itu bisa saja data pengguna dilacak, dijual, bahkan dikelola secara tidak aman karena praktik coding dan privasi yang dipertanyakan oleh pengembang aplikasi.

Dari ke-40 aplikasi antivirus itu, Cybernews merekomendasikan Keep Clean Cleaner dengan memberi skor 54 dari 100. Sementara ada 3 aplikasi dengan skor terendah, sembilan dari 100, yaitu Safe Security – Antivirus, Booster, Phone Cleaner.

Selanjutnya, ada 13 dari 40 aplikasi antivirus mendapat nilai buruk karena adanya praktik coding yang dipertanyakan.

Kemudian terdapat enam aplikasi yang berisi link berpotensi berbahaya serta membuat ponsel penggunanya rawan dibobol hacker. Keenam aplikasi berpotensi berbahaya itu adalah:

  • Dr. Capsule Antivirus, Cleaner
  • GO Security – AntiVirus, AppLock, Booster
  • Virus Hunter 2021 Virus Scanner and Phone Cleaner
  • AVC Antivirus & Virus Cleaner
  • Fancy Booster – Cleaner, Antivirus & Speed Up
  • Phone Junk – Clean Master

Sementara itu, Cybernews tidak dapat menganalisa dua dari 40 aplikasi antivirus karena adanya teknik obfuscation. Teknik ini merupakan metode untuk menangkal reverse engineering. Lebih dari itu, teknik ini dapat digunakan untuk menyembunyikan sesuatu yang berbahaya seperti malware.

Kemudian Cybernews juga mendapati 38 dari 40 aplikasi tersebut berisi data tracker. Hanya dua aplikasi antivirus yang tidak berisi data tracker, yakni Super Antivirus dan Virtual Guard.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...