Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPKM Berlanjut, Masyarakat Diminta Memahami

Ilustrasi. Salah satu titik penyekatan di Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah masih memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) usai Lebaran. Masyarakat pun diminta memahami, lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut, langkah ini sebagai bentuk kewaspadaaan. Terlebih saat ini selain Covid-19, juga muncul hepatitis misterius.

“Peningkatan kewaspadaan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 harus dipahami bersama, mengingat potensi munculnya kasus sejumlah penyakit membutuhkan penanganan yang lebih fokus,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/5/2022).

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan perpanjangan PPKM Jawa-Bali pada 10-23 Mei 2022 atau selama dua pekan mendatang.

Kebijakan pemerintah itu, menurut Lestari, harus dipahami sebagai bentuk kewaspadaan dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Baca: Berakhir Hari Ini, Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Seluruh Indonesia

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, saat ini juga merebak kasus hepatitis akut yang mayoritas menyerang anak-anak.

”Di sisi lain, sejumlah kasus mendasar seperti stunting dan kekurangan gizi pada anak dan balita masih menjadi persoalan di negeri ini,” ujarnya.

Fokus dalam menuntaskan sejumlah pekerjaan rumah yang menjadi tanggung jawab masing-masing kementerian dan lembaga, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus menjadi perhatian serius dari setiap menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju,  termasuk di sektor kesehatan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...