Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Minta Renovasi Jembatan Juwana Ditunda, Bupati Pati: Harus Fix Dulu

Bupati Pati Minta Renovasi Jembatan Juwana Ditunda, Ini Alasannya
Simulasi arus lalu lintas saat pengerjaan Jabatan Juwana, Kamis (21/4/2022). (MURIANEWS/Humas Pemkab Pati)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto meminta rencana renovasi Jembatan Juwana ditunda dulu. Sebab, belum ada jalan untuk mengalihkan lalu lintas di sana.

Haryanto khawatir, bila belum ada jalur alternatif untuk mengalihkan arus lalu lintas akan terjadi kemacetan panjang di Jalan Pantura Pati-Rembang.

Baca: Jembatan Juwana Pati Bakal Direnovasi

”Pembongkaran Jembatan Juwana awalnya pertengahan Mei. Kemudian direncanakan 4 Juni. Ini bisa saja mundur lagi,” kata Haryanto, Selasa (10/5/2022)

Dijelaskan, di sisi selatan Jembatan Juwana sebenarnya ada akses yang bisa digunakan. Hanya saja, lanjut Haryanto, akses berupa jembatan itu kurang lebar bila digunakan dua jalur.

Baca: Renovasi Jembatan Juwana Pati Diusulkan Ditunda, Ini Alasannya

”Ini tidak ada jembatan sementara untuk mengakomodir para pengguna jalan (mobil dan pesepeda motor). Hanya mengandalkan jembatan (di sebelah) selatan saja. Padahal jembatan itu tidak bisa dipakai simpangan dua jalur muatan berat. Bisanya mobil-mobil kecil,” paparnya.

Selama belum ada jalur alternatif yang memadai, pihaknya tidak mengizinkan pembongkaran Jembatan Juwana. Terlebih saat rekayasa lalu lintas April lalu, terjadi kemacetan mencapai 4 km.

”Saya sudah koordinasi dengan Kapolres Pati menyangkut pembongkaran Jembatan Juwana. Hasilnya, jangan dibongkar dulu jembatannya. Harus fix dulu antisipasi dampak pembongkaran. Kalau tidak fix, malah membuat kemacetan. Juga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Penggantian Jembatan CH Jateng Fatoni saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan penundaan tersebut. Pasalnya, masih perlu penimbangan terkait penundaan itu.

”Saat ini, kami belum bisa memutuskan. Masih perlu evaluasi mengenai dampak pembongkaran jembatan Juwana. Kalau untuk jembatan sementara pun masih perlu pertimbangan lebih lanjut,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...