Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Libur Lebaran, Kunjungan Obyek Wisata Milik Pemkab Jepara Malah Sepi

Libur Lebaran, Kunjungan Obyek Wisata Milik Pemkab Jepara Malah Sepi
Para pengunjung Pantai Bandengan tengah memasuki gerbang obyek. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Obyek wisata milik Pemkab Jepara agaknya mulai sepi peminat. Indikasi itu terlihat sedikitnya kunjungan wisata ke sana di momen libur Lebaran tahun ini.

Salah satunya di Pantai Bandengan Jepara. Dari pantauan MURIANEWS, kemarin sore, Senin (10/5/2022), kedatangan wisatawan di Pantai Bandengan, Kecamatan Jepara cenderung biasa-biasa saja.

Baca: Karimunjawa Jepara Dibanjiri Wisatawan, Pemdesnya Melongo Nggak Dapat Cipratan PADes

Nyaris tidak ada antrean kendaraan yang mengular panjang. Padahal, biasanya pada momen yang sama, antrean panjang terjadi di depan gerbang obyek wisata.

Subiyanto, Manajer Pantai Bandengan, menyebut dalam sehari kemarin hanya ada 4.500 wisatawan. Jumlah ini hanya selisih 300an orang dibanding sehari sebelumnya yang mencapai 4.200 wisatawan.

“Tahun ini bisa dibilang, Pesta Lomban (syawalan, red) paling sepi. Dibanding tahun-tahun sebelum pandemi, jumlahnya selisih jauh sekali. Dulu, sehari bisa sampai 10 ribu lebih wisatawan,” kata Subiyanto.

Baca: 2.022 Kupat Lepet di Pesta Lomban Jepara Jadi Rebutan Warga

Pihaknya menyebut, rata-rata pengunjung adalah masyarakat lokal. Kalaupun ada dari luar kota, itu hanya dari kota-kota tetangga. Seperti Kabupaten Demak, Kudus, Grobogan dan Pati.

Situasi yang sama juga terlihat di Pantai Kartini. Sejak acara Festival Kupat Lepet di pagi sampai siang hari, terpantau tak ada keramaian yang membeludak.

Joko Wahyu Sutejo, Manajer Pantai Kartini, menyebut wisatawan yang datang tak lebih dari 4.000 orang. Jumlah ini sangat jauh dengan tahun-tahun sebelum pandemi, yang dalam sehari bisa menarik hampir 15 ribu wisatawan.

“Biasanya ada bus-bus besar dari kota-kota lain. Tapi ini nyaris tidak ada. Parkiran juga masih banyak yang longgar,” jelas Joko.

Sementara itu, di obyek wisata yang tidak dikelola oleh Pemkab Jepara, jumlah wisatawan justru jauh lebih tinggi. Misalnya saja di Pantai Blebak. Obyek wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo.

Ali Shokib, Petinggi Desa Sekuro, menyebut dalam sehari kemarin jumlah wisatawan lebih dari 7000 orang. Pengunjung yang datang berasal dari warga lokal dan luar kota.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...