Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

628 Calon Jemaah Haji Grobogan Berangkat Tahun Ini

628 Calon Jemaah Haji Grobogan Berangkat Tahun Ini
Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 628 calon jemaah haji asal Grobogan berangkat tahun ini. Mereka adalah calon jemaah haji yang gagal berangkat pada 2020 dan memenuhi persyaratan.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) pada Kemenag Grobogan Rois Hamdani menyatakan, calon haji yang berangkat tahun ini yakni mereka yang sudah melunasi sisa biaya haji dan didasarkan pada urutan.

“Yang berangkat tahun ini sebanyak 628 calon haji, berdasarkan surat dari Kanwil Kemenag Jateng, per 8 Mei 2022. Mereka yang berangkat harus sudah lunas dan sesuai urutan,” terangnya, Selasa (10/5/2022).

Baca: Kemenag Rilis Nama-Nama Calon Jemah Haji yang Berangkat Tahun Ini

Menurut Rois, jumlah 628 calon haji itu nantinya bisa berubah. Sebab, data tersebut masih merupakan bahan verifikasi.

Selain itu, juga bergantung dengan porsi dari daerah lain di Jateng. Apabila banyak yang tidak terisi, ada kemungkinan kuota untuk Grobogan ditambah.

Sebaliknya, bila ternyata ada yang tidak melunasi atau tidak memenuhi perysaratan lain, bisa jadi dikurangi.

“Masih bisa nambah, bisa juga kurang. Jumlah itu merupakan bahan verifikasi,” tambahnya.

Rois memaparkan, syarat lainnya agar bisa berangkat haji tahun ini yakni berusia di bawah 65 tahun dan sudah divaksin lengkap. Hal itu merupakan ketentuan tambahan dari pihak Pemerintah Arab Saudi, menyikapi masih dalam suasana Pandemi.

“Syaratnya hanya tertulis vaksin lengkap, bukan vaksin kedua atau booster. Jadi kami tidak berani menafsirkan. Kalau dari pihak Kemenag sebenarnya malah yang penting sudah vaksin pertama,” tutupnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...