Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sepak Bola SEA Games 2022

Asnawi Mangkualam Dibutuhkan Timnas Indonesia U-23 Saat Hadapi Timor Leste U-23

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam diharapkan bisa memberi penambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022. (facebook.com/ansangreeners/photos)

MURIANEWS, Hanoi- Kehadiran Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Timor Leste U-23 di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5/2022) malam WIB, sangat dibutuhkan. Pemain ini disebut-sebut akan bisa mengangkat moral bertanding para pemain lainnya di arena SEA Games 2022.

Penilaian ini disampaikan oleh pengamat sepak bola nasional, Supriyono menjelang pertandingan penting Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022. Mantan pemain Timnas Indonesia ini, menyebut kehadiran Asnawi Mangkualam akan vital bagi Timnas Indonesia U-23 dalam upaya mengalahkan Timor Leste U-23.

Supriyono berpendapat, Asnawi merupakan salah satu pemain yang memiliki pengaruh besar di Timnas Indonesia U-23. Pemain Ansan Greeners Korea Selatan ini, adalah kapten tim, yang bisa menumbuhkan motivasi dan kepercayaan diri pada pemain-pemain yang lain.

BACA JUGA: Asnawi Mangkualam Disebut Bisa Gabung Timnas Indonesia U-23

“Saya sebagai mantan pemain, (pernah mengalami) ketika ada pemain A atau pemain B kadang-kadang memang bikin kepercayaan diri itu muncul,” katanya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Meski demikian, Supriyono juga berharap Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong memberikan perhatian lebih tentang kesiapan Asnawi Mangkualam. Terutama pada kesiapan fisiknya, yang dimemerhatikan kondisi fisik Asnawi yang dikabarkan belum pulih 100 persen.

“Untuk mengangkat psikologi pemain dan kepercayaan diri sepanjang Asnawi bugar, mainkan di menit awal. Tapi kalau masih belum fit, rotasi lagi. Dari situ seorang pelatih bisa melihat bagaimana kepercayaan diri dalam 15-20 menit pertama,” ujar Supriyono.

Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri di tim, Supriyono berpendapat kehadiran Asnawi juha sangay diperlukan untuk menjawab ‘masalah’ di sisi kanan Timnas Indonesia U-23. Tanpa Asnawi dan Pratama Arhan, kekuatan Timnas Indonesia U-23 di dua sisi lapangan benar-benar terganggu.

“Jelas tanpa Asnawi dan [Pratama] Arhan lubangnya banyak banget. Sementara kekuatan kita seharusnya ada di situ juga,” ucapnya.

Sementara mengenai kekuatan Timor Leste U-23, Supriyono menilai mereka mengalami kecenderungan peningkatan kualitas. Di SEA Games 2022, Timor Leste U-23 menunjukan hal itru, meski menelan dua kekalahan beruntun.

Semangat bertanding para pemain Timor Leste U-23 saat menghadapi Timnas Indonesia U-23 menurutnya harus diwaspadai oleh Egy Maulana Vikri dkk di atas lapangan. Mereka selalu mampu menunjukan semangat berlipat-lipat saat menghadapi Indonesia.

“Timor Leste sudah menjadi tim yang militan. Hal ini yang perlu jadi perhatian pemain. Mereka berlari terus. Sementara pemain kita kebingungan apa yang mau dilakukan setelah mendapat bola,” ujarnya memberikan gambaran.

“Indonesia punya dua tugas, mengubah cara bermain dan mengubah hasil pertandingan. Indonesia bisa menang meskipun tipis, saya kira 2-1 atau 2-0 juga cukup,” tutupnya.

Jadwal Pertandingan Sepak Bola SEA Games 2022

BABAK PENYISIHAN GRUP | SELASA | 10-05-2022 | GRUP A
Myanmar U-23 Vs Filipina U-23 (16.00 WIB)
Indonesia U-23 Vs Timor Leste U-23 (19.00 WIB)
Stadion Viet Tri

BABAK PENYISIHAN GRUP | RABU | 11-05-2022 |GRUP B
Kamboja U23 Vs Singapura U-23 (16.00 WIB)
Malaysia U-23 Vs Laos U-23 (19.00 WIB)

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...