Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lebaran, Penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang Tembus 75 Ribu Orang

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Semarang — Jumlah penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang meningkat drastic selama Lebaran 2022. Tercatat, selama arus mudik dan balik lebaran ini, sudah ada 75 ribu orang yang memanfaatkan penerbangan di bandara tersebut.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo dalam keterangan persnya mengatakan, berdasarkan data yang masuk, jumlah penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani mencapai 75.080 penumpang.

Baca: Bandara Ahmad Yani Kembali Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Naik Pesawat, Catat Tanggalnya

”Jumlah tersebut terdiri dari 43.756 penumpang yang tiba di Bandara Ahmad Yani, dan sisanya, sekitar 31.324 penumpang berangkat,” katanya.

Sementara itu, jumlah penumpang tertinggi saat arus mudik terjadi pada tanggal 29 April 2022, dengan jumlah mencapai 6.472 orang. Sementara, jumlah penumpang terbanyak saat arus balik terjadi pada Sabtu (7/5/2022), yakni mencapai 6.775 orang.

Pihak otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang melakukan antisipasi kenaikan jumlah penumpang pada libur Lebaran kali ini dengan membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2022 selama 16 hari, yakni mulai 25 April hingga 10 Mei 2022.

Selain itu, manajemen Bandara Ahmad Yani juga melakukan penyesuaian jam operasional menjadi pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Baca: Duh, Selama PPKM Darurat Bandara Ahmad Yani Semarang Kehilangan Hampir 90 Persen Penumpang

Selain menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran dan penyesuaian jam operasional bandara, manajemen Bandara Ahmad Yani Semarang juga telah menyetujui extra flight, atau penambahan penerbangan sebanyak 6 rute. Keenam rute yang mendapat extra flight itu yakni rute Semarang-Banjarmasin PP, Semarang-Balikpapan PP, dan Semarang-Jakarta PP selama 1 bulan, mulai tanggal 20 April-20 Mei 2022.

Selain itu, pihak bandara juga menyediakan lima unit self-check in untuk lebih memudahkan proses check in para penumpang tanpa bagasi. Dengan sistem itu, maka antrean penumpang di konter-konter check in bisa berkurang.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...