Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Mengonsumsi Ikan Salmon Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ketahui, Mengonsumsi Ikan Salmon Bisa Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Foto: Ikan salmon (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Ada banyak jenis ikan air laut yang digemari orang. Salah satunya adalah ikan salmon.

Selain rasa dagingnya yang lezat, ikan salmon digemari karena punya banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Melansir Detik.com dari Eat This, salmon menjadi salah satu sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu ikan salmon juga kaya akan lemak omega-3 yang berguna menjaga kesehatan jantung, otak dan organ tubuh lainnya.

Baca juga: Menkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Asupan Makanan

Salmon baik untuk dikonsumsi dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Bagi anak-anak, mengonsumsi ikan salmon akan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sistem imun serta baik bagi perkembangan otak.

Selain itu terdapat manfaat lain dengan mengonsumsi ikan salmon, diantaranya adalah berikut ini.

Menyukupi Kebutuhan vitamin D

Pada salmon juga kaya akan vitamin D yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salmon dapat diandalkan untuk menyuplai kebutuhan vitamin D harian.

Dalam sepotong ikan salmon atau sekitar 198 gram mengandung 815 IU vitamin D. Adanya vitamin D ini akan semakin tinggi pada salmon yang ditangkap liar.

Oleh National Institute of Health (NIH) direkomendasikan rata-rata orang dewasa harus mengonsumsi 600-800 IU vitamin D setiap hari. Tapi dibeberapa penelitian, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 IU vitamin D tiap hari guna mendapat manfaat maksimal.

Mengandung vitamin B6

Vitamin B6 dalam ikan salmon terkenal tinggi yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 berfungsi untuk mengoptimasi fungsi dan perkembangan saraf otak, produksi hormone serotonin, melatonin dan norepinefrin. Bagi ibu hamil, vitamin ini diperlukan untuk perkembangan otak janin.

Memiliki Kandungan Asam Lemak Omega-3

Salmon tinggi akan zat docosahexaenoic (DHA), merupakan jenis asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut dapat meminimalisasi trigliserida pada darah serta dapat mengontrol kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan.

DHA pada salmon ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, bahkan omega-3 juga dapat membentuk struktur sel dalam tubuh. Secara alami, tubuh turut membutuhkan produksi hormon fungsi kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Pada juga mengandung magnesium, mineral yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Seorang pria dewasa membutuhkan sekitar 400-420 miligram magnesium tiap hari, sedangkan wanita butuh setidaknya 310-320 miligram mineral tiap hari. Pada sepotong ikan salmon Atlantik seberat 85 gram mengandung 26 magnesium.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan lemak omega-3 di salmon juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Di Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, peneliti menyimpulkan jika mengonsumsi asam lemak omega-3 berguna untuk memperbaiki kondisi kulit yang mengalami inflamasi.

Selain itu, salmon turut mengobati dan mencegah jerawat serta menurunkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, saat memasak salmon menggunakan sedikit minyak agar manfaatnya dapat terserap oleh tubuh dengan maksimal.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...