Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 9 Mei: Bangunan Taj Mahal di India Selesai Dibangun Tahun 1653

Catatan Sejarah Tanggal 9 Mei: Bangunan Taj Mahal di India Selesai Dibangun Tahun 1653
Foto: Bangunan Taj Mahal (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 9 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 9 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1653

Taj Mahal selesai dibangun setelah memakan waktu kurang lebih 11 tahun. Bangunan yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India tersebut dibangun atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan dan dipergunakan sebagai makam istri tercintanya.

1942

Kota Belgrade di Serbia menjadi kota pertama yang digunakan pasukan Jerman untuk melaksanakan pembantaian terhadap orang Yahudi. Pendudukan Jerman di kota tersebut berhasil dijalankan atas bantuan pengkhianat Serbia.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 8 Mei: Hari Lahirnya Pendiri Organisasi Palang Merah Jean Henry Dunant di Tahun 1928

1942

Holocaust yang dilakukan pasukan Jerman di Ukraina dan Belarusia dimulai. Pasukan khusus Jerman mengeksekusi 588 warga Yahudi di kota Podolian, Ukraina. Ghetto Zoludek di Belarusia yang berdekatan dengan Ukraina juga dihancurkan dan semua penghuninya dieksekusi mati.

1945

Dokumen penyerahan tanpa syarat Jerman kepada Sekutu yang dibuat di Rheims, Prancis beberapa hari sebelumnya, disahkan di Berlin Jerman. Dokumen tersebut ditandatangani antara pihak Sekutu dan Jerman.

1946

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Raja Italia Vittorio Emanuele III turun dari taktanya atas kemauannya sendiri dan digantikan putranya, Umberto II. Semasa menjabat sebagai raja, Vittorio Emanuele III dituding terlalu banyak bekerja sama dengan Benito Mussolini.

1955

Jerman Barat resmi bergabung dengan NATO. Hal tersebut membuat ketegangan dengan Jerman Timur yang dikontrol Uni Soviet semakin memanas.

1960

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) menyetujui untuk menggunakan pil sebagai alat kontrasepsi pencegah kehamilan. Hal tersebut untuk mencegah ledakan penduduk di AS.

1992

Pasukan Armenia berhasil merebut Kota Shusha dari cengkeraman pasukan Azerbaijan dalam Perang Nagorno-Karabakh. Perang ini melibatkan pasukan Armenia dan Azerbaijan yang berlangsung sejak 1988 hinggah 1994 dengan hasil kemenangan Armenia.

1994

Setelah memenangi pemilihan umum secara demokratis pertama di Afrika Selatan (Afsel), Neslon Mandela resmi dilantik sebagai presiden. Nelson adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.

2004

Presiden Chechnya, Akhmad Kadryov, tewas setelah bom ranjau yang ditanam di bawah kursi yang ia duduki sat menonton parade kemenangan Perang Dunia II meledak. Pemimpin gerakan pemberontak Chechnya, Shamil Basayev, mengklaim dirinya sebagai orang yang bertanggung jawab.

2012

Kecelakaan Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100) di Gunung Salak terjadi pada tanggal 9 Mei 2012 ketika sebuah pesawat Sukhoi Superjet 100 menghilang dalam penerbangan demonstrasi yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Indonesia. 45 orang dinyatakan meninggal.

2017

Pasca mengalami kekalahan dalam Pilgub DKI Jakarta 2017, Basuki Tjahaja Purnama pada 9 Mei 2017, divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus penodaan agama.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...