Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan saat Kondisi Macet

Ini Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan saat Kondisi Macet
Foto: Jalan tanjakan (detikcom/Baban)

MURIANEWS, Kudus– Mengemudi mobil tidak selalu berada pada kondisi jalan lurus dan sepi. Adakalanya, pengemudi harus melewati berbagai kondisi jalanan.

Misalnya melewati tanjakan dalam kondisi arus lalu lintas sedang dilanda kemacetan. Saat dalam kondisi ini, pengemudi mobil manual dituntut harus sigap dan tidak boleh panik agar kendaraan tidak melorot.

Mengutip dari detik.com dan keterangan dari Sony Susmana, Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), manfaatkan rem tangan saat berhenti di tanjakan.

Baca juga: Mobil Habis Dipakai Mudik Lebaran, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan

Sony menjelaskan, aktifkan rem tangan, kemudian posisikan kaki kiri di pedal kopling dengan menginjak penuh. Lalu saat lalu lintas kembali bergerak, pindah tuas transmisi ke gigi satu.

Langkah selanjutnya, kaki kanan tetap memijak pedal gas. Di sisi lain, tangan kiri bersiap melepas rem tangan.

“Jadi ketika di tanjakan, parking brake on, mobilnya akan bergerak merayap, gas dan kopling diselip dulu tuh, setelah dirasa mobilnya agak maju, baru parking brakenya diturunkan,” terang Sony.

Kemudian pengemudi dapat melakukan tiga hal bebarengan, yaitu kaki kanan menginjak pedal gas sementara kaki kiri perlahan membuka pedal kopling. Saat perlahan jalan, tekan tuas lock pada tuas rem dan perlahan turunkan rem tangan.

Cara tersebut memerlukan latihan rutin agar menemukan feel yang tepat.

Bagi pengemudi yang telah berpengalaman, biasanya mengandalkan pedal rem sebagai penahan posisi mobil agar tetap diam saat di tanjakan. Teknik ini biasanya dilakukan saat kemacetan di tanjakan yang tidak terlalu tinggi serta hanya berlangsung sebentar.

Dikutip dari laman Auto2000 dan Wuling Indonesia menyebutkan cara itu menggunakan rem kaki, gas serta kopling yang menyesuaikan putaran mesin. Ketika mobil berhenti di tanjakan, kaki kiri menginjak kopling, dan kaki kanan berada di pedal rem. Saat mobil akan berjalan, kaki kiri tetap pada tempatnya di pedal kopling.

Lalu pindahkan kaki kanan ke pedal gas secara cepat dan tekan hingga ke 2000 rpm. Lakukan langkah ini dibarengi dengan melepas kopling secara perlahan, namun ada risiko mobil akan mundur saat pedal rem dilepas.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...