Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kedatangan Bus Wonogiri-Jakarta Molor Hingga Lima Jam, Ternyata Ini Sebabnya

Calon penumpang menunggu keberangkatan bus menuju Jakarta di Terminal Sukoharjo, Senin (9/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

MURIANEWS, Sukoharjo — Keberangkatan bus jurusan Wonogiri-Jakarta yang mengangkut para pemudik di Terminal Sukoharjo molor hingga lima jam dari jadwal semula.

Hal itu disebabkan kedatangan bus dari Jakarta terlambat lantaran terjebak kemacetan arus balik imbas dari rekayasa lalu lintas one way atau jalur satu arah di jalan tol.

Akibatnya, ratusan calon penumpang bus berkumpul di pinggir Terminal Sukoharjo. Mereka duduk di trotoar di depan kios agen penjualan tiket bus jurusan Wonogiri-Jakarta.

Mereka menunggu kedatangan bus untuk kembali ke Jakarta. Beberapa penumpang terlihat gelisah lantaran belum ada kepastian waktu keberangkatan bus.

Melansir Solopos.com, Koodinator Terminal Sukoharjo, Sumaryadi, menyatakan keterlambatan bus dari Jakarta terjadi sejak Jumat (6/5/2022). Keterlambatan bus jurusan Jakarta-Wonogiri akibat kemacetan di jalan tol.

Dia menerangkan setiba di garasi, bus harus diistirahatkan selama beberapa jam dan diperiksa kelaikan bus lantaran menempuh perjalanan jauh. Kemudian, bus baru bisa dioperasikan lagi untuk mengangkut penumpang.

Sumaryadi telah menghubungi pengelola perusahan otobus (PO) untuk memastikan keberangkatkan bus menuju Jakarta.

”Jadi bukan telantar atau penumpukan calon penumpang di terminal. Saya pastikan mereka tetap berangkat ke Jakarta. Hanya, jadwal keberangkatannya molor karena bus dari Jakarta terjebak kemacetan di jalan tol,” kata dia.

Dia menceritakan keberangkatan bus menuju Jakarta molor selama lebih dari lima jam. Misalnya, bus menuju Jakarta yang dijadwalkan berangkat pada Sabtu (7/5/2022) sore hari molor hingga Minggu (8/5/2022) pagi. Para calon penumpang diminta untuk pulang ke rumahnya masing-masing dan kembali ke terminal pada Minggu pagi.

Selama arus mudik dan balik Lebaran, seluruh bus di setiap PO beroperasi untuk mengangkut penumpang. Tidak ada bus cadangan di garasi bus yang disiapkan pengelola PO.

“Tidak ada bus cadangan di garasi. Sehingga, calon penumpang harus menunggu kedatangan bus dari Jakarta yang terjebak kemacetan. Untuk calon penumpang pada hari ini merupakan pekerja sektor informal. Kalau pekerja kantoran sudah kembali ke Jakarta pada akhir pekan lalu,” ujar dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...