Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil Habis Dipakai Mudik Lebaran, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan

Mobil Habis Dipakai Mudik Lebaran, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan
Foto: Ilustrasi pengecekan mobil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Saat momen Lebaran banyak orang yang mudik menggunakan mobil bersama keluarga. Sebagian pemudik lainnya memilih pulang kampung menggunakan kendaraan umum.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil, ada beberapa hal yang perlu dilakukan terhadap kendaraannya. Hal ini bertujuan supaya kondisi mobil tetap terjaga dan siap digunakan untuk aktivitas rutin.

Berikut ini ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan sendiri terhadap mobil yang habis dipakai mudik, seperti dilansir dari liputan6.com.

Baca juga: Ini Kelebihan Membeli Mobil Baru maupun Bekas yang Perlu Diketahui

1. Oli

Oli menjadi salah satu komponen penting pada mobil. Kekentalan dan volume oli biasanya akan berubah saat mobil digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lama. Saat oli dirasa telah berubah, sebaiknya ganti oli lama dengan yang baru agar mesin kendaraan tetap terawat.

2. Kaki-Kaki

Ketika mudik, tak jarang mobil melewat jalan yang tidak rata. Hal ini dapat memaksa komponen kaki-kaki mobil bekerja ekstra menopang bodi kendaraan. Periksa mulai dari tingkat keausan ban, tekanan angin, kondisi shockabsorber dan lower-arm.

3. Rem

Sektor rem juga perlu untuk dilakukan pemeriksaan karena bagian mobil ini bekerja ekstra saat melewati jalan naik turun ataupun ketika lalu lintas macet. Hal ini berpengaruh terhadap ketebalan kampas rem yang akan tergerus saat kita dalam perjalanan jarak jauh.

Pemilik mobil disarankan segera mengganti kampas rem jika telah mencapai batas maksimal. Selain itu jangan lupa untuk mengecek minyak rem apakah berkurang dari takaran dari yang seharusnya.

4. Filter Bahan Bakar

Hal yang seringkali terabaikan adalah saat mengisi BBM tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan. Ini dapat terjadi karena kelalaian pemilik atau faktor ketersediaan bahan bakar di area pom bensin tertentu.

Oleh karenanya pastikan agar mengecek filter bahan bakar, dan segera menggantinya agar meminimalisasi kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: liputan6.com

Comments
Loading...