Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Merawat Talenan Kayu supaya Awet yang Perlu Diketahui Ibu Rumah Tangga

Ini Tips Merawat Talenan Kayu supaya Awet yang Perlu Diketahui Ibu Rumah Tangga
Foto: Talenan (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Talenan adalah salah satu perlengkapan yang pasti tersedia di dapur rumah. Meski bentuknya sederhana dan harganya murah, namun talenan ini sangat diperlukan saat memotong sayuran atau daging.

Melansir dari Detik.com, umumnya ada dua jenis talenan, yakni yang berbahan kayu dan plastik. Talenan berbahan kayu banyak dipilih ibu rumah tangga karena relatif lebih awet. Akan tetapi dengan catatan harus dirawat sebaik mungkin agar tidak terkontaminasi bakteri maupun bau tak sedap.

Talenan merupakan salah satu alat masak yang penting karena berguna saat memotong sayuran dan aneka daging. Namun sebaiknya talenan dipisahkan fungsinya, seperti talenan khusus daging dan talenan untuk sayur, guna menghindari kontaminasi silang.

Baca juga: Ketahui Jenis Buah dan Sayuran yang Kulitnya Bermanfaat buat Tubuh, Ini Daftarnya

Mengutip dari Homes and Garden, Sylvia Fountaine, chef profesional di Spokane, Amerika membagikan cara talenan kayu. Sylvia menjelaskan merawat talenan kayu terdiri atas dua hal, yakni cara membersihkan dan menyimpannya.

1. Cara Membersihkan

Pertama, Sylvia membagikan tips membersihkan talenan dengan menggunakan bahan sabun, hidrogen peroksida, dan sikat halus.

“Kamu harus menggunakan sikat kawat halus. Gosok semua bekas makanan atau noda yang menempel pada talenan kayu dengan air sabun yang panas dan bilas,” kata Sylvia.

Selanjutnya semprot talenan kayu dengan air hydrogen peroksida di seluruh permukaan talenan. Kemudian bilas hingga bersih dan seka talenan kayu dengan kain kering. Hydrogen peroksida adalah zat kimia berupa cairan bening bertekstur lebih kental dari air.

Cairan ini lumrahnya dimanfaatkan pada pemutih, pasta gigi dan bahan lainnya. Untuk mendapat cairan ini dapat diperoleh di toko bahan kimia.

2. Jangan Rendam dalam Air

Kesalahan yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan merendam talenan kayu dalam air. Hal ini dikarenakan talenan kayu berubah bentuknya saat terlalu lama direndam air. Pori-pori kayu dapat menyerap air sehingga talenan akan berubah bentuk. Saat menyuci talenan kayu, sebaiknya segera dikeringkan dengan kain.

3. Rutin Olesi dengan Minyak

Selanjutnya Sylvia turut mengingatkan akan pentingnya memerhatikan kondisi talenan kayu. “Ketika kita memiliki kulit kering, kita menggunakan lotion, dan untuk bahan alami seperti kayu, itu hal yang sama. Tanpa dikondisikan maka bisa menjadi kering dan pecah-pecah,” lanjut Sylvia sembari memberi perumpamaan.

Membaluri talenan kayu dapat menggunakan minyak sayur atau kelapa dan usapkan ke seluruh permukaannya. Setelah itu seka minyak berlebih dengan kain, dengan demikian talenan kayu akan tetap terawat.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...