Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui Jenis Buah dan Sayuran yang Kulitnya Bermanfaat buat Tubuh, Ini Daftarnya

Ketahui Jenis Buah dan Sayuran yang Kulitnya Bermanfaat buat Tubuh, Ini Daftarnya
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Kulit buah dan sayuran ternyata ada yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini barangkali belum banyak diketahui orang.

Biasanya, saat akan menyantap buah atau mengolah sayuran, mayoritas akan membuang kulitnya. Namun beberapa jenis buah dan sayur justru dapat dimakan kulitnya karena rasanya cukup enak dan kaya nutrisi.

Melansir Detik.com dari Times of India, Rujuta Diwekar, penulis buku dan ahli gizi berujar beberapa buah memiliki kulit yang lebih kaya nutrisi dibandingkan daging buahnya. Kulit buah maupun sayuran berikut ini dapat diolah menjadi salad atau berbagai makanan lainnya atau sekadar sebagai campuran makanan.

Baca juga: Serabut Putih pada Buah Jeruk Ternyata Banyak Khasiatnya, Sebaiknya Jangan Dibuang ya

1. Semangka

Buah dengan kulit berwarna hijau ini memiliki beberapa lapisan kulit. Pertama yaitu kulit berwarna hijau dan kulit yang berwarna putih. Kulit berwarna putih ini cukup tebal serta memiliki tekstur mendekati daging buahnya.

Pada semangka, lapisan kulit inilah yang dapat dikonsumsi. Kulit ini mengandung vitamin C, vitamin A serta vitamin B6. Selain itu juga mengandung potasium dan zinc yang berkhasiat untuk tubuh.

Dengan mengonsumsi kulit semangka dengan rutin dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, cocok untuk santapan diet dan cocok untuk menjaga kesehatan kulit. Biasanya kulit semangka dijadikan sebagai campuran dalam salad.

2. Mangga

Mangga menjadi salah satu buah favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Tapi tak banyak yang tahu bahwa kulit manga mentah mengandung banyak nutrisi.

Kulit manga mentah mengandung vitamin A, vitamin C, fitonutrien yang penting untuk tubuh serta mengandung zat besi dan antioksidan. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh, sementara vitamin C membantu mengurangi peradangan.

Fitonutrien berguna untuk menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker. Kulit mangga juga mengandung serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Mentimun

Buah ini seringkali dijadikan campuran untuk jus buah, salad atau dijadikan olahan sayur. Kulit mentimun kaya akan vitamin K, potassium dan serat serta rendah kalori dan mengandung banyak air.

Vitamin K pada kulit mentimun berfungsi membantu mengaktifan protein dalam tubuh, untuk seratnya dapat berguna dalam menjaga sistem pencernaan. Selain itu, mentimun juga salah satu makanan yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

4. Jeruk

Jeruk terkenal memiliki aroma yang harum tapi pahit rasanya apabila dikonsumsi begitu saja. Kulit jeruk biasanya diolah menjadi manisan sebagai penambah rasa dan dapat dimakan langsung.

Kulit buah ini juga mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, serat dan pektin. Selanjutnya kulit jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melegakan sistem pernapasan.

5. Lemon

Seperti kulit jeruk, lemon memiliki bagian kulit yang dapat dikonsumsi. Aromanya yang segar dan harum, kulit lemon juga menjadi sumber potasium, vitamin C, dan kalsium. Berdasarkan para ahli gizi, kulit lemon turut membantu menurunkan kadar kolesterol dan melawan kanker.

Adanya kalsium juga dapat meningkatkan kesehatan tuang dan juga meningkatkan kesehatan mulut. Kulit lemon dapat dijadikan campuran pada segelas teh hangat atau bahkan dapat juga dijadikan sebagai olahan manisan.

6. Kiwi

Selain jeruk dan lemon, kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bagian kulitnya juga kaya akan vitamin C. Namun karena tekstur kulitnya yang agak kasar dan berbulu membuat banyak yang tidak menyukai untuk mengonsumsinya.

Selain kaya akan vitamin C, kulit kiwi juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat ini berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun dan mencegah beragam penyakit kardiovaskular seperti jantung, kanker dan diabetes. Dalam kulit buah kiwi juga terdapat kandungan folat dan vitamin E.

7. Ubi Jalar dan Kentang

Kebanyakan orang menggoreng kentang tidak menyertakan kulitnya. Padahal kulit kentang dapat dikonsumsi dan mengandung antioksidan serta tinggi akan vitamin A, sama halnya dengan ubi jalar.

Mengonsumsi kulit kentang dan ubi jalar secara rutin berfungsi menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit kentang dan ubi jalar juga mengandung potasium, zat besi, vitamin C dan E yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...