Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB SMP Grobogan Sudah Online, Pendaftar Tetap Ke Sekolah

PPDB SMP Grobogan Sudah Online, Pendaftar Tetap Ke Sekolah
Operator di SMPN 2 Toroh membantu pendaftaran peserta didik via online di sekolah setempat, Senin (9/5/2022). (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Grobogan sudah dibuka, hari ini, Senin (9/5/2022). Meski bisa dilakukan online atau dalam jaringan, namun ada yang tetap datang ke sekolah tujuan.

Dewi, salah satu wali murid yang mendaftarkan anaknya ke SMPN 2 Toroh mengaku tidak paham bila harus mendaftar secara online. Dia pun berinisiatif mendatangi sekolah yang dituju, karena kebetulan tidak begitu jauh dari rumahnya.

“Dari sini dekat, rumah saya di Pucang (Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh). Tidak paham kalau harus daftar online, jadi saya langsung ke sekolah. Ini dari pagi, pukul 09.30 WIB, sampai pukul 14.00 WIB baru selesai,” kata Dewi.

Baca: Ini Jadwal Lengkap PPDB Grobogan, Catat Waktunya

Dia mendaftarkan anaknya via jalur zonasi. Sebab jarak ke sekolah kebetulan dekat, hanya sekitar dua kilometer saja. Meski, sebenarnya buah hatinya itu juga berprestasi di sekolah dan termasuk keluarga kurang mampu, karena penerima bantuan program keluarga harapan (PKH).

“Ikutnya zonasi, meskipun anak saya ini prestasinya bagus. Nilainya sembilan semua, sebenarnya. Tapi tadi saya ikutkan ke zonasi,” tambahnya.

Rofiatun, warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh juga berinisiatif mendatangi sekolah. Sama seperti Dewi, dia juga tidak paham bila harus mendaftar secara online. Dia pun bersama wali murid lain bersama-sama datang ke sekolah untuk meminta bantuan untuk pendaftaran.

“Laptop tidak punya. Ini sama-sama dengan yang lain, ke sekolah. Bareng-bareng biar ada temannya,” kata dia.

Berbeda dengan Dewi, Rofiatun mendaftarkan anaknya lewat jalur prestasi. Sebab, nilai si buah hati rata-ratanya di atas sembilan. Dia pun berharap anaknya masuk kuota.

Dari pantauan MURIANEWS, pihak SMPN 2 Toroh memang membuka layanan bantuan pendaftaran via daring. Layanan itu diberikan di ruang laboratoratorium komputer, dengan delapan operator. Calon peserta atau wali murid bisa langsung meminta bantuan di sana.

“Diusahakan yang mendaftar hari ini semuanya bisa rampung,” kata Surip, salah satu operator.

Namun begitu, Surip tak bersedia menyebutkan sudah ada berapa calon peserta didik yang mendaftar. Termasuk jumlah siswa yang dibantu pendaftarannya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...