Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Kelebihan Membeli Mobil Baru maupun Bekas yang Perlu Diketahui

Ini Kelebihan Membeli Mobil Baru maupun Bekas yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Keberadaan mobil saat ini sudah jadi kebutuhan banyak orang. Pasalnya, dengan punya mobil bisa mempermudah aktivitas sehari-hari, terutama bagi yang punya mobilitas tinggi.

Saat ini, cukup mudah bila ingin membeli mobil, baik barang baru maupun seken atau bekas. Bagi yang punya bujet lebih, tentu lebih suka memilih membeli mobil baru.

Namun, bagi yang dananya pas-pasan, membeli mobil bekas adalah pilihan terbaik. Meski demikian, ada juga yang memilih membeli mobil baru meski dengan cara kredit.

Baca juga: Ini Panduan Membeli Mobil Baru yang Perlu Diketahui

Membeli mobil baru maupun bekas sudah pasti punya kelebihan dan kekuarangannya. Berikut ulasannya, melansir detik.com dari Car and Diver, Senin (9/5/2022).

Kelebihan Membeli Mobil Baru

Membeli mobil baru memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, dapat memilih spesifikasi sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Dengan demikian dealer mobil dapat menyediakan mobil sesuai dengan keinginan beserta fitur di dalamnya.

Kedua, pembeli tidak perlu ragu dengan mobil pernah mengalami kecelakaan atau peristiwa lainnya karena mobil benar-benar dalam keadaan baru. Bahkan bagi pembeli mobil segmen premium akan diantar langsung ke rumah menggunakan towing.

Seperti lumrahnya barang baru, mobil baru juga akan mendapat garansi tanpa mengeluarkan biaya ekstra. Garansi biasanya diperoleh langsung dari pabrikan yang berlaku beberapa tahun. Selain itu teradapat sejumlah pabrikan memberikan perawatan mobil berkala secara gratis.

Kelebihan selanjutnya, membeli mobil baru otomatis akan dapat menikmati fitur terkini terkait fitur keselamatan, keamanan hingga hiburan. Fitur-fitur tersebut akan menjadi keuntungan jika menilik dari sisi keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Sebagai catatan, sejumlah pabrikan saat ini mulai konsen dalam memproduksi mobil yang lebih ramah lingkungan serta hemat BBM. Hal ini tentunya jadi keuntungan bagi orang yang akan membeli mobil baru.

Bahkan lebih dari itu, biaya operasional kendaraan bisa jadi lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli mobil bekas.

Kelebihan Membeli Mobil Bekas

Kelebihan membeli mobil bekas juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Pertama tentu harganya lebih terjangkau. Terlebih bagi orang-orang yang mengincar mobil  tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan jika jeli, dapat memeroleh mobil dalam kondisi bagus serta harga yang ramah di kantong.

Keuntungan kedua saat meminang mobil bekas adalah depresiasi harga terlalu besar. Jika dibandingkan dengan mobil baru, depresiasi harga mobil bekas dari tahun ke tahun tidak turun secara drastis.

Model yang ditawarkan mobil bekas juga beragam, dengan budget Rp 100 jutaan bisa mendapatkan mobil bekas jenis sedan. Namun jika mengincar mobil baru, hanya terbatas pada segmen Low Cost Green Car (LCGC).

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...