Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Karimunjawa Jepara Dibanjiri Wisatawan, Pemdesnya Melongo Nggak Dapat Cipratan PADes

Karimunjawa Jepara Dibanjiri Wisatawan, Pemdes Melongo Nggak Dapat Cipratan PADes
Para wisatawan hendak naik kapal di Pelabuhan Karimunjawa. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Wisata Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dibanjiri wisatawan selama sepekan libur Lebaran (2-8/5/2022). Diperkirakan ada 5 ribu orang ke sana.

Data perkiraan itu diungkapkan Ketua Perkumpulan Biro Wisata Kabupaten Jepara, Arif Setyawan. Jumlah itu disebutnya sebagai dampak dibolehkannya mudik dan sudah longgarnya aturan perjalanan dalam negeri.

“Diperkirakan dari data manives penumpang kapal kurang lebih wisatawan yang masuk ke Karimunjawa kurang lebih sekitar 5000 wisatawan,” kata Arif, Senin (9/5/2022).

Baca: Buka Saat Lebaran, Penyeberangan ke Karimunjawa Jepara Penuh

Sayangnya, lanjut Arif, pemerintah desa setempat tak mendapatkan pemasukan berupa Pendapatan Asli Desa (PADes). Ia pun berharap ada regulasi agar desa mendapat cipratan untuk PADes dari kegiatan wisata itu.

“Agar pembangunan desa tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah daerah, pemerintah desa bisa mandiri dengan aset yang dimiliki yaitu keindahan alam,” Jelas Arif.

Arif tak memungkiri, perputaran ekonomi sangat dirasakan oleh masyarakat karimunjawa. Baik pengelolah homestay, drive, pendagang kaki lima, tour guide ataupun pihak cathering. Namun itu hanya untuk keuntungan pribadi.

“Bisa dihitung, dari data yang ada 5000 wisatawan dikali paket terendah yaitu 1.100.000 nilainya kurang lebih 5 Milyar itu selama liburan lebaran. Tapi pemerintah desa tak mendapatkan apapun dari adanya wisatwan yang masuk ke Karimunjawa,” tegas Arif.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...