Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

2.022 Kupat Lepet di Pesta Lomban Jepara Jadi Rebutan Warga

2.022 Kupat Lepet di Pesta Lomban Jepara Jadi Rebutan Warga
Masyarakat berebut kupat lepet dalam Pesta Lomban di Pantai Kartini. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Selain Larungan Kepala Kerbau, di Pesta Lomban Jepara juga digelar Festival Kupat Lepet. Ada 2.022 kupat atau ketupat dan lepet yang direbutkan warga.

Festival Kupat Lepet diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jepara di Pantai Kartini. Kegiatan itu diselenggarakan setelah prosesi larungan kepala kerbau di laut usai.

“Alhamdulillah kegiatan Festival Kupat Lepet bisa berjalan dengan baik, dan warga masyarakat sangat antusias sekali,” ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi, Senin (9/5/2022).

Baca: Larungan Kepala Kerbau di Jepara Diserbu Warga

Bupati menjelaskan, kegiatan itu penuh makna dan filosofi. Salah satunya memiliki makna sebuah pengakuan salah dan permintaan maaf.

“Ini tradisi budaya yang sangat luar biasa. Jadi dengan simbol itu bisa jadi tontonan juga tuntunan,” tuturnya.

Ada dua gunungan yang merupakan susunan ketupat dan lepet. Jumlahnya 2.022. Gunungan itu dikelilingi untaian janur sebelum didoakan dan diperebutkan warga.

Begitu doa selesai dipanjatkan, untaian janur yang mengelilingi gunungan dipotong Bupati Jepara. Warga yang sudah tidak sabar langsung berebut mendapatkannya. Kurang dari lima menit, 2022 ketupat dan lepet digunungan ludes.

Tak hanya sekedar berebut gunungan, masyarakat pun dimanjakan dengan beragam pementasan kesenian. Mulai dari kentrung, tari, hingga pencak silat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...