Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Empat Tim Dikerahkan Pantau Wisata di Kudus saat Kupatan

Sejumlah wisatawan tengah melihat bulus-bulus di tradisi Bulusan di Dukuh Sumber Desaha Hadipolo, Kudus. (MURIANEWS/Vega Maarijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menerjunkan empat tim pemantau kawasan wisata di Kota Kretek saat tradisi Kupatan, Senin (9/5/2022). Mereka dibagi per jenis wisatanya mulai dari wisata air, wisata tradisi, dan wisata umum lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah menyampaikan, empat tim tersebut khusus disiagakan untuk hari ini ini saja. Mengingat masyarakat Kudus punya tradisi berwisata saat memasuki Lebaran ke tujuh atau kupatan.

Tiga dari empat tim itupun kini tengah bergerak untuk memantau objek wisata berdasar kategori tersebut. Sementara satu tim lagi, memantau secara keseluruhan.

“Kami siagakan khusus hari ini, titik beratnya tentu mengatur ketertiban dan tetap memastikan adanya protokol kesehatan di lokasi wisata,” katanya, Senin (9/5/2022).

Baca: Tradisi Bulusan di Kudus Digelar Terbatas, Hanya Satu Gunungan Dikirab

Tika menyebut, dengan pengerahan empat tim tersebut menunjukkan jika Pemkab Kudus ingin memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang datang.

“Kami ingin memastikan mereka nyaman selama berwisata di Kudus. Mereka tak perlu takut akan penularan Covid-19 karena tim kami akan berupaya dengan maksimal untuk menegakkan prokes sebagai upaya pencegahan penularan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Baca: Meriah, 200 Sapi Ramaikan Tradisi Bakdan Sapi di Boyolali

Sementara terkait keamanan, Tika mengatakan timnya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian maupun TNI untuk turut serta membantu pengamanan.

“Mereka juga telah memberi instruksi dan panduan keamanan khususnya di wisata air, kami juga sudah meneruskannya ke pelaku wisata seperti di Waduk Logung Kandangmas Dawe dan Praon di Kesambi Mejobo,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di Kabupaten Kudus sendiri kini tengah berlangsung tradisi Bulusan di Dukuh Sumber Desa Hadipolo Jekulo, tradisi Praon di Desa Kesambi Mejobo, dan Sendang Jodo di Kecamatan Bae.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...