Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB SMP di Pati Mulai Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

PPDB SMP di Pati Mulai Dibuka, Ini Link Pendaftarannya
Siswa SMP di Kabupaten Pati mencuci tangan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengan Pertama (SMP) di Kabupaten Pati mulai dibuka. Pembukaan pendaftaran dibuka mulai hari ini (9/5/2022) hingga Rabu (11/5/2022).

Pendaftaran PPDB itu dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Adapun link untuk mengakses pendaftaran yakni di laman, pati.siap-ppdp.com.

“Waktu pendaftaran tanggal 9 Mei sampai tanggal 11 Mei. Mekanisme SMP secara online,” ujar Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati, Fauzin Futiarso, Senin (9/5/2022).

Baca: Diamankan, Warga Pati yang Lawan Polisi di Pentas Musik Terancam 4 Tahun Penjara

PPDB tahun ini dibagi menjadi empat jalur, yakni Jalur Zonasi, Avirmasi, Mutasi, dan Prestasi. Keempat jalur tersebut memiliki alokasi yang berbeda. Jalur Zonasi misalnya, mendapatkan alokasi 60 persen.

“Ketentuannya menyiapkan surat keterangan lulus, akte kelahiran, KK,” imbuh dia

Kemudian, Jalur Avirmasi yang diperuntukan bagi siswa kurang mampu. Alokasi jalur ini ada 15 persen. Untuk masuk dengan jalur ini wajib menambah surat keterangan tidak mampu sebagai syaratnya.

“Menyiapkan surat keterangan lulus, kk, akte ditambah KIT, surat keterangan tidak mampu,” kata dia.

Kemudian, Jalur Mutasi atau karena mengikuti perpindahan tugas orang tua mendapatkan kuota 5 persen. Persyaratan sama dengan zonasi ditambah surat keterangan tugas orang tua.

Terakhir, Jalur Prestasi yang mendapatkan alokasi 15 persen. Untuk persyaratannya seperti Jalur Zonasi ditambah rata-rata nilai rapot selama 6 semester terakhir atau kelas 4, 5 dan 6 SD.

“Apabila pernah memenangi kejuaraan, bisa dilampirkan,” ucapnya.

Apabila kouta Jalur Zonasi, Avirmasi dan Mutasi tidak terpenuhi atau melebihi dari murid yang mandaftar, maka sisa kuota akan disulurkan di Jalur Prestasi.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...