Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Meriah, 200 Sapi Ramaikan Tradisi Bakdan Sapi di Boyolali

Sejumlah sapi dikeluarkan pada acara bakdan sapi di Dusun Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Senin (9/5/2022). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

MURIANEWS, Boyolali – Sebanyak 200 ekor sapi memeriahkan Tradisi Lebaran atau Bakdan Sapi di Boyolali, Senin (9/5/2022). Ratusan sapi milik warga tersebut diturunkan sebagai rasa syukur setelah dua tahun digelar terbatas lantaran pandemi Covid-19.

Jaman, tokoh masyarakat setempat menyebutkan, Bakdan Sapi tahun ini memang melibatkan sekitar 200 sapi. Jumlah ini jauh lebih besar dibangdingkan tahun lalu yang hanya 30 sapi.

”(Tahun ini) malah lebih banyak. Saat ini sudah mulai ada kelonggaran. Tahun lalu tetap dilakukan, namun terbatas,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Ia menjelaskan, Bakdan Sapi merupakan tradisi warga setempat yang dilakukan setelah Lebaran. Pada tradisi tersebut, warga mengawali dengan doa bersama dan menggelar kenduri ketupat. Acara digelar di jalan utama kampung. Warga datang sambil membawa beragam menu rumahan beserta ketupat.

Setelah itu warga pulang dan mempersiapkan sapinya untuk dikirab. Sapi-sapi yang dipelihara warga pada hari itu sengaja dibawa keluar rumah untuk dipertemukan dengan sapi lain.

Pada tahun lalu, Bakdan Sapi tetap digelar meski pandemi. Bakdan Sapi tetap digelar meski secara sederhana, sebab warga tidak ingin tradisi peninggalan leluhurnya hilang.

Tradisi tersebut juga dilakukan sebagai bentuk syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan kepada warga setempat. Melalui pelaksanaan tradisi tersebut warga juga berharap tetap diberi rezeki yang lancar, diberi kesehatan serta dijauhkan dari bencana.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...