Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SEA Games 2022 Vietnam

Rombongan Besar Tim SEA Games Indonesia Dilepas Presiden Joko Widodo

SEA Games Vietnam
Jokowidodo melepas kontingen Atlet Indonesia (dok: Biro Press)

MURIANEWS, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keberangkatan kontingen Indonesia ke SEA Games 2021 (SEA Games 2022) Vietnam. Pemberangkatan rombongan besar Tim SEA Games Indonesia dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022) pagi WIB ini.

Mereka yang diberangkatjan terdiri dari atlet-atlet dari cabor yang dipilih KONI untuk mengikuti ajang SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam. Rombongan ini juga diluar Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 yang sudah lebih dulu berada di Vietnam.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dalam keterangan pers-nya, menyatakan, pada SEA Games kali ini Indonesia hanya mengirimkan para atlet yang berpotensi meraih medali. Sehingga jumlah atlet yang dikirim tidak sebanyak sebelumnya.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-23 Harus Bisa Kumpulkan Kemenangan di Sisa Pertandingan

Jumlah atlet ini bahkan berkurang hingga 50 persen dari jumlah atlet yang dikirim pada SEA Games 2019 di Filipina lampau. Meski demikian, Zainudin Amali tetap optimis Kontingen Indonesia masih bisa berbicara di ajang olah raga se AsiaTenggara ini.

“Pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games pada yang pertama kali menggunakan paradigma baru prestasi nasional setelah mendapat arahan Presiden Joko Widodo,” kata Amali.

Paradigma baru tersebut menurut Zzainudin Amali telah dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 dan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 sebagai pedoman dalam pembinaan prestasi olahraga nasional. Dalam hal ini multievent olahraga dunia yakni olimpiade menjadi target utama, sementara SEA Games dan Asian Games hanya menjadi sasaran antara menuju Olimpiade.

“Arahan dan perintah Presiden itu langsung kita wujudkan dalam perubahan Undang-Undang nomor 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan, yang didahului dengan Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional,” kata Amali.

Selanjutnya Amali juga menandaskan bahwa pengiriman kontingen SEA Games ini adalah bagian dari persiapan atlet menjelang kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Even ini tidak akan lama lagi akan segera digelar dan diikuti oleh para atlet Indonesia.

“Maka berjuanglah, bertandinglah semaksimal mungkin karena hasil yang akan kalian tunjukkan di SEA Games ini akan menjadi ukuran dan mudah-mudahan akan menjadi modal untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024,” ucap Amali.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...