Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran, Tenang Masih Bisa Diperpanjang

Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran, Tenang Masih Bisa Diperpanjang
Foto: Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (polri.go.id)

MURIANEWS, Jakarta- Bagi Anda yang memiliki kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) tetapi masa berlakunya habis pada saat libur Lebaran, usahakan tetap tenang. Sebab, SIM tersebut masih bia diperpanjang mulai hari ini, Senin (9/5/2022).

Umumnya, SIM yang masa waktu perpanjangan habis, disarankan untuk membuat kartu baru. Namun, khusus untuk libur Lebaran ini kapolri mempunyai kebijakan tersendiri. Ada toleransi yakni dengan tetap bisa memperpanjang SIM lama dengan catatan masa berlakunya habis saat libur Lebaran.

Dispensasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri kepada para Kapolda Nomor: ST/785/IV/YAN.1.1./2022. Dalam Surat Telegram tersebut dikatakan pelayanan SIM kepada masyarakat diliburkan pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022.

Baca: Catat, Jadwal Libur Pelayanan SIM dan Samsat di Kudus saat Lebaran

Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis selama libur Lebaran atau tanggal 29 April 2022 sampai 8 Mei 2022, bisa diperpanjang mulai hari ini. Dispensasi perpanjangan SIM yang mati saat libur Lebaran diberlakukan pada rentang waktu tanggal 9 Mei sampai 17 Mei 2022 tanpa mekanisme pembuatan SIM baru.

Namun, bagi masyarakat pemegang SIM yang sudah lewat masa berlakunya dan tidak diperpanjang sampai 17 Mei 2022, maka SIM itu dinyatakan tidak berlaku lagi dan tidak dapat melakukan proses perpanjangan.

Kalau proses perpanjangan lewat dari tanggal 17 Mei 2022, maka harus melalui proses penerbitan SIM baru dengan persyaratan administrasi, ujian, dan PNBP sesuai ketentuan penerbitan SIM baru.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

 

Comments
Loading...