Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 8 Mei: Hari Lahirnya Pendiri Organisasi Palang Merah Jean Henry Dunant di Tahun 1928

Catatan Sejarah Tanggal 8 Mei: Hari Lahirnya Pendiri Organisasi Palang Merah Jean Henry Dunant di Tahun 1928
Foto: Jean Henry Dunant (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 8 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 8 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1928

Jean Henry Dunant lahir di Jenewa, Swiss pada 8 Mei. Ia lantas dikenal sebagai pendiri Palang Merah yang merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia.

1939

Ketegangan negara-negara di Eropa yang terus meningkat sebelum meletusnya Perang Dunia II membuat Paus Pius XII angkat bicara, meminta negara-negara di Eropa yang sedang berkonflik menempuh jalan damai.

1942

Pertempuran Laut Karang di kawasan Oceania yang meibatkan Kekaisaran Jepang dan Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Australia—berakhir. Setelah kapal induk milik AS USS Lexington dan kapal pengangkut milik Jepang Shoho hancur.

1942

Pasukan Jerman mulai menyerang pasukan Uni Soviet di Semenanjung Krimea, Rusia dalam Pertempuran Semenanjung Kerch. Bentrok kedua pasukan itu berhasil dimenangi pihak Jerman. Pasukan Uni Soviet kehilangan sekitar 170.000 tentaranya, sedangkan Jerman hanya kehilangan 9.000 tentara.

1945

Pasukan Prancis membantai ratusan warga sipil di Provinsi Setif, Aljazair. Peristiwa tragis itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Setif.

1945

Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill secara resmi mendeklarasikan kemenangan Sekutu atas Jerman melalui siaran radio. Kemenangan itu membuat ribuan rakyat Inggris merayakannya di halaman Istana Buckingham di London.

1963

Tentara Vietnam Selatan di bawah perintah Presiden Ngo Dinh Diem menembaki umat Buddha yang menentang sebuah peraturan di negara tersebut. Peristiwa itu menewaskan sembilan orang dan memicu konflik berkepanjangan.

1970

The Beatles merilis album ke-12 mereka bertajuk Let It Be. Album tersebut sekaligus menjadi album terakhir sebelum The Beatles bubar. Let It Be berhasil merajai tangga lagu di radio-radio di beberapa negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat (AS).

1984

Uni Soviet menyatakan akan memboikot Olimpiade yang digelar di Los Angeles, Calofornia, Amerika Serikat (AS). Hal itu dikarenakan ketegangan antara Uni Soviet dan AS selama Perang Dingin berlangsung. Empat tahun sebelumnya, AS juga memboikot Olimpiade yang digelar di Moskow.

2006

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengirim sebuah surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush. Surat tersebut hanya berisi topik sejarah dan filsafat dan tak ada pembahasan masalah ketegangan yang melibatkan kedua negara.

2010

Achmad Yusuf Warga Pranata atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Us Us adalah pelawak kelahiran 13 Juni 1939. Ia terkenal dengan grup lawaknya D’Bodors bersama Kang Uyan, dan Kang Engkus sebelum meninggal pada 8 Mei 2010.

2015

Pada 8 Mei 2015, sebuah helikopter transportasi Mil Mi-17 yang dioperasikan oleh Korps Penerbangan Angkatan Darat Pakistan jatuh di Naltar, Distrik Gilgit di utara Pakistan. Setidaknya 8 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

2018

Aksi penyanderaan anggota polisi oleh napi teroris di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob terjadi pada Selasa 8 Mei 2018 sampai dengan Kamis 10 Mei 2018. Dalam kejadian ini lima anggota Polri dan satu napi meninggal dunia.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...