Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diguyur Hujan Deras, Jalanan dan Sejumlah Kawasan di Kota Solo Tergenang

Diguyur Hujan Deras, Jalanan dan Sejumlah Kawasan di Kota Solo Tergenang
Foto: Sejumlah kendaraan menerobos genangan air di Jl. Adi Sucipto Solo, Minggu (8/5/2022). (Solopos.com/Burhan Aris Nugraha)

MURIANEWS, Solo– Sejumlah ruas jalanan dan Kawasan di Kota Solo, Jawa Tengah tergenang air, Minggu (8/5/2022). Banjir dadakan ini disebabkan hujan deras yang menggguyur kota Solo pada siang hari, sekitar pukul 14.00 WIB.

Akibat jalan yang tergenang cukup tinggi ini sempat membikin arus lalu lintas tersendat. Bahkan, sejumlah mobil dan sepeda motor pun mogok akibat nekat menerobos genangan air.

Melansir dari Solopos.com, genangan air terlihat di sejumlah lokasi Jl. Dr. Moewardi dari simpang empat Gendengan hingga ujung fly over Manahan, Jl. Adi Sucipto tepatnya di depan Mapolresta Solo, Jl. Letjen Suprapto dari Sumber hingga depan Graha Saba Buana.

Baca juga: Sebelum Terbakar, Lahan Pasar Mebel Gilingan Solo Direncanakan Jadi Sentra IKM

Selain itu, banjir dan genangan air juga terlihat di sejumlah lokasi. Antara lain, kawasan Pasar Kliwon, Purwosari, hingga Stadion Manahan pun tak luput dari banjir.

Seperti yang terjadi di wilayah RT 002/RW 002 Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. Ridho Taqaballah, salah satu warga di kawasan tersebut menceritakan banjir di wilayahnya sudah masuk ke rumah sejumlah warga.

“Ini ketinggian air di luar rumah sudah mencapai lutut orang dewasa. Ada lima rumah yang kemasukan air termasuk rumah saya dengan ketinggian sekitar 20 cm. Banjir ini luapan dari kalen atau kali kecil di sekitar sini,” terang dia melalui sambungan telepon sekitar pukul 15.20 WIB.

Banjir juga tejadi di Kodipan, Purwosari, Solo. Salah satu warga, Dandung H, menjelaskan luapan Kali Todipan menggenang di wilayah RT 004 dan RT 005 Kampung Todipan, Purwosari.

Luapan banjir pun masuk ke banyak rumah warga. “Kelep (terendam) semua ini, air masuk di dua RT. Wilayah RT 004 dan RT 005,” imbuh dia.

Dandung menceritakan ketinggian banjir di Kodipan bervariasi mulai dari 0,5 meter hingga satu meter.

“Parah sekali ini, sudah terendam. Ketinggian banjir mulai dari setengah meter hingga satu meter. Sungai dan jalan rata,” terang dia.

Hujan deras juga memicu genangan air di sepanjang Jl. KS Tubun Kelurahan Manahan, Banjarsari. Solo. Bahkan di wilayah itu, dua water barrier sampai hanyut saking tinggi dan derasnya arus air di sepanjang Jl. KS Tubun Manahan.

Para pengguna jalan yang melintas utamanya sepeda motor pun harus ekstra hati-hati dikarenakan derasnya genangan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...