Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 7 Mei: Apple Computer Memperkenalkan iMac di Tahun 1998

Catatan Sejarah Tanggal 7 Mei: Apple Computer Memperkenalkan iMac di Tahun 1998
Foto: Model iMac generasi pertama (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 7 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 7 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

351

Pemberontakan orang-orang Yahudi terhadap pemerintahan Kaisar Romawi Konstantius Gallus pecah di Palestina. Pemberontakan itu disebabkan peraturan-peraturan Kekaisaran Romawi yang dianggap merugikan bagi orang Yahudi.

558

Kubah di Hagia Sophia di Konstantinopel—kini Istanbul di Turki—ambruk karena gempa bumi yang terjadi beberapa bulan sebelumnya. Justinian I selaku Kaisar Bizantium langsung memerintahkan perbaikan di bangunan yang kala itu difungsikan sebagai geraja tersebut.

Baca juga: Wisata Sejarah Sambil Istirahat di Bekas PG Banjaratma Brebes yang Dijadikan Rest Area Jalan Tol

1664

Istana Versailles di Paris, Prancis mulai dibangun atas perintah Raja Prancis Louis XIV. Kini, istana tersebut masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak 1979.

1915

Dalam Perang Dunia I, torpedo milik Jerman berhasil menenggelamkan kapal milik Inggris di dekat Irlandia. Peristiwa itu menewaskan hampir 1.200 orang.

1920

Tentara Polandia bersma pasukan Ukraina berhasil mengusir tentara Rusia yang menguasai Kota Kiev di Ukraina. Meski demikian, Kota Kiev kembali jatuh ke tangan tentara Rusia sebulan kemudian.

1920

Rusia secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Georgia. Enam bulan kemudian, pasukan Rusia kembali menginvasi dan menduduki Gerogia.

1941

Dalam Perang Dunia II, pasukan Jerman membombardir Kota Liverpool dan London di Inggris. Pasukan Inggris lantas melancarklan serangan balik dan berhasil menjatuhkan lebih dari 40 pesawat tempur milik Jerman.

1942

Pesawat tempur milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyerang dan menenggelamkan kapal induk milik Kekaisaran Jepang. Pertempuran tersebut menjadi pertempuran pertama di dunia yang dilakukan angkatan laut tanpa menggunakan kapal.

1945

Jerman secara resmi menyerah tanpa syarat ke Sekutu. Penyerahan itu ditandai penandatangan sebuah pernyataan oleh Jenderal Alfred Jodl di Rheims, Prancis. Ini sekaligus mengakhiri Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa selama kurang lebih enam tahun.

1998

Apple Computer memperkenalkan iMac. iMac adalah komputer Macintosh dengan konsep all-in-one yang dikembangkan oleh Apple Computer. Komputer ini dibuat dengan tujuan untuk meraih pengguna di tingkat rumah pribadi dan pendidikan. iMac yang pertama diperkenalkan pada tanggal 7 Mei 1998 oleh Apple Computer dan mulai dijual pada bulan Agustus pada tahun yang sama.

2006

Untuk kali terakhir, klub sepak bolah di Inggris, Arsenal, bertanding di Stadion Highbury yang telah digunakan klub selama 93 tahun. Arsenal lantas memiliki stadion baru bernama Stadion Emirates yang digunakan hingga kini.

2011

Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 8968 pada 7 Mei 2011 mengalami kecelakaan di laut, dekat Bandar Udara Utarom, Kabupaten Kaimana.Pesawat jatuh dari ketinggian 15.000 kaki,diduga akibat cuaca buruk, 21 penumpang dan 4 awak pesawat meninggal dunia.

2013

Gunung berapi Mayon di Filipina pada 7 Mei 2013 meletus dan memuntahkan bebatuan pada pukul 08.00 waktu setempat. Kejadian ini menyebabkan lima orang pendaki meninggal tertimpa bebatuan dan tujuh lainnya menderita luka.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...