Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penundaan Asian Games 2022 Bawa Kerugian Bagi Indonesia

Penundaan Asian Games 2022 Bawa Kerugian Bagi Indonesia
Hangzhou Sport Center salah satu venue Asian Games 2022 China yang telah disiapkan. (wikipedia)

MURIANEWS, Jakarta – Penundaan gelaran Asian Games 2022 di China yang diumumkan Olimpic Council of Asia (OCA) Jumat (6/5/2022) dinilai membawa kerugian bagi kontingen Indonesia.

Itu diungkapkan Ketua Komite Olimpiade atau Nation Olimpic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Okto sendiri langsung berkomunikasi dengan OCA setelah kabar penundaan Asian Games 2022 ramai diberitakan.

Baca: Asian Games 2022 Resmi Ditunda

“Saya sudah komunikasi langsung dengan OCA dan sudah mengkonfirmasi bahwa memang penundaan Asian Games 2022 itu sudah ditetapkan, karena angka covid yang tinggi di China,” kata Okto, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Sabtu (7/5/2022).

NOC Indonesia sendiri menerima keputusan OCA dan penyelenggara Asian Games 2022 yang dinilai mendadak itu. Okto menyebut keputusan penundaan Asian Games 2022 harus dihormati. Baginya keselamatan atlet dan semua tim yang menyertai adalah hal prioritas dalam masa pandemi Covid-19 ini.

“Tentunya yang paling utama adalah keselamatan atlet dan ofisial kita. Jadi ini situasi yang tidak mudah, tetapi mudah-mudahan Covid ini bisa segera selesai sehingga semua aktivitas bisa seperti semula,” kata Okto.

“Kita sekarang dalam fase akhir atlet kita ke Vietnam (SEA Games). Ini peringatan bagi kita bahwa Covid itu masih ada, sehingga semuanya harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” Imbuh Okto.

Meski begitu, keputusan itu merugikan Indonesia yang sudah persiapan jauh-jauh hari.

“Kami menyayangkan ini semua terjadi, karena persiapan menuju Asian Games sudah dipersiapkan atlet-atlet kita di semua cabang olahraga dengan biaya yang tidak sedikit,” kata Okto.

“Dan penundaan ini pasti berdampak terhadap pembinaan prestasi, terutama biaya. Kita menghargai keputusan OCA dan panitia Asian Games China,” sambung Okto.

Menurutnya, dengan penundaan yang dikabarkan diundur ke 2023 itu membuat anggaran pemerintah untuk setiap cabang olahraga membengkak.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...