Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perjalanan Mudik Lampung ke Palembang Via Tol Trans Sumatera Cukup 4 Jam, Dulu Bisa 12 Jam

Perjalanan Mudik Lampung ke Palembang Via Tol Trans Sumatera Cukup 4 Jam, Dulu Bisa 12 Jam
Foto: Salah satu ruas jalan tol trans Sumatera (hutamakarya.com)

MURIANEWS, Kudus– Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Khususnya, pada saat momen Lebaran 2022.

Pada saat mudik Lebaran 2022, pemudik dari Lampung hingga Palembang, bisa sampai lebih cepat di kampung halaman. Dulu, pejalanannya bisa memakan waktu setengah hari.

Melansir dari laman Badan Pengelola Jalan Tol, masyarakat pengguna jalan tol memanfaatkan JTTS untuk merayakan momentum mudik lebaran ke berbagai wilayah yang ditempuh. Yakni, mulai dari Lampung hingga ke Palembang serta beberapa wilayah lainnya di Pulau Sumatera dengan menggunakan jalan tol yang sudah beroperasi maupun di fungsionalkan hanya untuk dukungan kelancaran lalu lintas Lebaran.

Baca juga: Sejarah Jalan Tol di Indonesia, Pembangunan Pertama Dimulai Tahun 1975 dengan Panjang 59 Kilometer

Sebelum adanya jalan tol ketika masyarakat ingin melakukan perjalanan dari Lampung ke Palembang butuh waktu 12 Jam lamanya di perjalanan menggunakan jalan lintas Sumatera. Namun saat ini perjalanan dari Lampung hingga Palembang hanya ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja.

Dari Lampung kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, kemudian menyambung ke ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km, dilanjutkan ke ruas Kayu Agung – Kramasan sepanjang 42,5 Km di Palembang.

Dengan demikian Provinsi Lampung semakin terkoneksi dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan dan semakin menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Efisiensi tersebut semakin memberikan kontribusi efisiensi waktu di perjalanan perjalanan dan bahan bakar kendaraan yang digunakan.

Baca juga: Inovasi Teknologi Sosrobahu, Mahakarya Asli Indonesia untuk Pembangunan Jalan Layang yang Mendunia

Hingga saat ini, 691 Km ruas jalan tol di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi, dan 481 Km sedang dalam tahap konstruksi. Saat ini juga terdapat dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang di fungsionalkan untuk melayani arus mudik Lebaran.

Yakni, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km) dan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km) yang diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau Golongan I.

Sepanjang ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan Jalur B, dan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan B, serta tambahan toilet sementara sebanyak 50 unit.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: bpjt.pu.go.id

Comments
Loading...