Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Hepatitis Misterius Serang Anak-anak, IDI Kudus: Jangan Panik

Ada Hepatitis Misterius Serang Anak-anak, IDI Kudus: Jangan Panik
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – “Hepatitis misterius” mulai masuk ke Indonesia. Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun masyarakat diminta untuk terus waspada.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus Ahmad Syaifuddin menerangkan, gejala hepatitis “misterius” ini masih sama pada umumnya. Namun, belum diketahui penyebabnya.

“(gejala) Seperti hepatitis pada umumnya, tapi belum diketahui penyebabnya,” kata dia, Kamis (5/5/2022).

Baca: Mengenal Penyakit Hepatitis yang Sekarang Sedang Jadi Perhatian Serius

Sementara itu, untuk penyebarannya juga masih dipantau. Masyarakat diminta untuk mencegah terjangkitnya “hepatitis misterius”. Beberapa hal yang wajib dilakukan yakni memastikan makanan yang akan dikonsumsi dalam keadaan matang dan bersih.

“Jangan memakai alat makan bersamaan dengan orang lain, selalu mencuci tangan, dan menghindari kontak dengan orang sakit,” tambahnya.

Untuk diketahui, gejala “hepatitis misterius” ini antara lain sakit perut, muntah, diare mendadak, muntah, kejang, hingga penurunan kesadaran. Masyarakat yang mengalami gejala tersebut pun diminta segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

Lebih lanjut, Ahmad Syaifudin menjelaskan, masyarakat mesti waspada namun tidak perlu cemas. Ia juga berharap hepatitis misterius ini kasusnya tidak meluas di Indonesia.

“Ada banyak informasi hoaks tentang hepatitis misterius ini. masyarakat harus hati-hati,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir pada kasus Hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Itu setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) atas kasus tersebut.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...