Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 6 Mei: Michael Jackson dan Grup Bee Gees Dimasukkan ke Dalam Rock and Roll Hall of Fame

Catatan Sejarah Tanggal 6 Mei: Michael Jackson dan Grup Bee Gees Dimasukkan ke Dalam Rock and Roll Hall of Fame
Foto: Michael Jackson dan grup Bee Gees (wikipedia.org)

 

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 6 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 6 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1536

Raja Inggris, Henry VIII, membuat perintah untuk menempatkan Alkitab berbahasa Inggris di setiap gereja di kawasan yang ia pimpin. Perintah tersebut selesai sepenuhnya tiga tahun kemudian.

1782

Istana Raja Thailand mulai dibangun di Bangkok. Pembangunan istana itu dilaksanakan atas perintah Raja Rama I. Pembangunan Istana itu sekaligus membuat ibu kota Thailand berpindah dari Thonburi ke Bangkok.

Baca juga: Sering Bikin Kliru! Di Grobogan Ada Desa Namanya Sama tapi Beda Kecamatan lho, Ini Datanya

1889

Para pengunjung Menara Eiffel di Paris, Prancis mulai diperbolehkan masuk dan menaikinya setelah dibuka untuk umum. Meski demikian, pengunjung harus menaiki menara dengan berjalan kaki lantaran belum adanya lift.

1937

Kapal udara milik Jerman, Hindenburg, hangus terbakar hanya dalam waktu beberapa menit ketika hendak mendarat di Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada 6 Mei 1937. Musibah udara itu menewaskan 35 dari 97 orang yang ada di dalamnya.

1945

Pasukan Sekutu menyerbu pasukan Jerman yang menduduki Praha, Cekoslowakia. Pertempuran berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Perisitwa itu merupakan pertempuran terakhir di Front Timur dalam Perang Dunia II.

1945

Sekutu menyatakan Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa telah berakhir. Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill secara resmi mengumumkan hal tersebut melalui siaran radio dua hari kemudian.

1975

Sebanyak 100.000 orang Armenia berkumpul di Beirut, Lebanon untuk memperingati 60 tahun genosida yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman terhadap orang Armenia. Pembantaian besar-besaran ini terjadi pada saat Perang Dunia I.

1983

Buku harian milik Adolf Hitler yang diklaim keasliannya oleh seorang jurnalis bernama Konrad Kujau dipastikan palsu oleh para ahli. Buku harian itu sempat beredar selama sepekan melalui salah satu majalah di Jerman.

1983

Daniel Alves da Silva dilahirkan di Juazeiro, Brasil. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela bebera klub besar di Eropa, yakni Sevilla, Barcelona, Juventus, dan Paris Saint-Germain.

1997

Michael Jackson dan grup Bee Gees dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Michael Joseph Jackson (29 Agustus 1958 – 25 Juni 2009) adalah seorang penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai the “King of Pop” dan memopulerkan gerakan dansa “Moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya.

Sedangkan Bee Gees adalah grup musik yang dulunya terdiri dari tiga bersaudara: Barry, Robin, dan Maurice Gibb yang dibentuk pada tahun 1958. Sepanjang empat puluh tahun karier mereka yang sukses di industri musik rekaman, mereka pernah mengalami dua kali puncak kejayaan. Puncak kejayaan mereka yang pertama berlangsung dari akhir tahun 1960-an hingga awal tahun 1970-an sebagai trio yang membawakan lagu-lagu “soft rock” yang harmonis. Puncak kejayaan yang kedua berlangsung pada akhir tahun 1970-an sebagai band beraliran disko.

2001

Paus Yohanes Paulus II menjadi paus pertama yang masuk ke dalam masjid. Kala itu, Paus Yohanes Paulus II memasuki masjid yang berada di Suriah.

2007

Nicolas Paul Stephane Sarközy de Nagy-Bocsa lahir 28 Januari 1955 adalah Presiden Republik Prancis ke-23, yang terpilih pada 6 Mei 2007 setelah keunggulan Partai Sosialis dalam babak kedua Pemilu 2007.

2015

Ferrasta Soebardi atau lebih dikenal dengan nama Pepeng lahir 23 September 1954 adalah seorang artis, pelawak Indonesia dan tenar melalui telekuis Jari-Jari. Pepeng meninggal dunia pada 6 Mei 2015 di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat, karena penyakit sklerosis multipel.

2021

Pemerintah memberlakukan larangan mudik mulai 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2011. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...