Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

8 Pesona Desa Wisata Jrahi Pati, Sayang Kalau Dilewatkan

8 Pesona Desa Wisata Jrahi Pati, Sayang Kalau Dilewatkan
Embung Mini Salah satu destinasi wisata di Desa Wisata Pancasila Jrahi. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Desa Wisata Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati Jawa Tengah menyimpan beragam pesona untuk mengundang wisatawan baik dalam maupun luar daerah.

Destinasi wisata ini diresmikan Desember 2020 lalu. Keindahan alamnya dan kerukunan antarumat beragama di sana menjadi saya tarik serta sangat cocok jadi pilihan tempat berlibur.

Lokasinya yang terletak di Gunung Muria ini menjadi Desa Wisata Pancasila, lantaran keberagaman masyarakatnya mencerminkan keberagaman Indonesia.

Ada empat agama dan satu aliran kepercayaan yang dianur warga lokal Desa Jrahi, yakni Islam, Kristen, Hindu, Budha dan aliran kepercayaan Sapto Darmo.

Baca: Desa di Pati Ini, Umat Kristen dan Budha Ikut Bagi Takjil Gratis

Selain mempunyai masyarakat yang plural, Jrahi juga dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Keindahan alam ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat pengunjung rela menempuh jarak yang cukup jauh untuk menikmati segudang pesona Jrahi.

“Yang disuguhkan di Desa Jrahi ada beberapa hal seperti wisata alam, wisata edukasi, wisata buatan,” ujar Kepala Desa Jrahi Miko Adi Setiawan.

MURIANEWS mencoba merangkum spot-spot atau tempat yang patut dikunjungi pembaca saat liburan Lebaran 2022 ini. Berikut beberapa pesona Jrahi yang patut dikunjungi:

1. Grenjangan Sewu

Destinasi wisata alam ini berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan dinding-dinding batu, pepohonan hijau nan rindang serta aliran sungai yang jernih. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kera-kera yang berada di pepohonan jika beruntung.

Pengunjung juga bisa menikmati hamparan sawah berundak ketika melintasi jalan menuju destinasi wisata ini.

 

2. Vihara Sadhagiri

Destinasi berbasis religi ini merupakan bangunan tempat ibadah umat Budha yang indah nan megah. Konon tempat ibadah ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Budha terbesar di Bumi Mina Tani, Pati.

Pengunjung bisa berselfie ria atau berfoto di depan vihara. Bila beruntung, pengunjung bisa masuk ke dalam vihara ini.

 

3. Pancur Songo

Destinasi yang memiliki sembilan sumber mata air ini diyakini memberikan hal yang positif bagi orang yang meminum atau mandi dengan air di sana.

Masyarakat sekitar memercayai, orang yang mandi di Pancur Songo akan dikabulkan keinginan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini membuat tempat ini ramai didatangi calon kepala desa ketika menjelang pemilihan kepala desa.

 

4. Goa Jurang Gonggo Mino

Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, tempat ini diyakini sebagai tempat pertapaan Parikesit pada Zaman Pewayangan. Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian hasil bumi ketika zaman penjajahan.

 

5. Embung Mini Jrahi

Embung untuk pengairan petani durian ini memiliki pemandangan indah dan memanjakan mata pengunjung. Selain itu, ketika senja, pengunjung dapat melihat sunset yang indah. Di sana juga ada kafe J’Kopi yang cocok untuk nongkrong dan menghilangkan penat.

 

6. Gili Malang Jrahi alias GMJ

Tampat ini cocok bagi para wisatawan yang doyan selfie. Selain dapat digunakan spot selfie, tempat ini juga cocok untuk bersantai lantaran dilengkapi fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) atau pertemuan, insentif, konvensi dan pertemuan secara terbuka.

GMJ terletak di samping Embung Mini Jrahi. Tepatnya di samping kanan Embung Mini Jrahi.

 

7. Jalur Pendakian Puncak Tanggulangsih

Para wisatawan dapat mencapai salah satu puncak Gunung Muria dengan melewati jalur ini. Wisatwan dapat melihat Jepara dari puncak ini. Pendaki pemula butuh waktu sekitar 3 jam jalan kaki untuk sampai ke puncak.

 

8. Wisata Kuliner Jrahi

Setelah menikmati wisata alam dan religius, para pengunjung patut mencicipi wisata kuliner di Desa Jrahi. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Di antaranya San-Qi, Pendopo Kawulo Alit dan Dyas Pasta.

Tempat-tempat ini menyuguhkan makanan-makanan yang menggugah selera. Ada beberapa masakan dan minuman, mulai masakan Jawa, Seafood, Bakso, Nasi Goreng, minuman olahan telang, kopi dan lainnya.

Demikianlah beberapa pesona Desa Wisata Pancasila Jrahi. Selain pesona-pesona ini, Jrahi juga mempunyai beberapa potensi wisata lainnya. Tradisi lokal di sana masih terjaga. Seperti barikan, sedekah bumi, lamporan dan Suronan.

Wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 45 menit dari pusat Kecamatan Kota Pati untuk sampai ke desa ini.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...