Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tradisi Lomban dan Larungan di Jepara Kembali Digelar

Tradisi Lomban dan Larungan di Jepara Kembali Digelar
Suasana Larungan kepala kerbau di Jepara tahun 2021 lalu. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Tradisi Pesta Lomban dan Larungan di Kabupaten Jepara bakal digelar kembali tanpa pembatasan. Sebelumnya, pada 2020 dan 2021 kegiatan itu digelar terbatas.

Untuk diketahui, tradisi Lomban di Jepara dilaksanakan sepekan setelah lebaran Idul Fitri. Itu ditandai dengan tradisi Kupatan.

Khusus di wilayah pesisir, masyarakat Jepara memiliki tradisi khas, yaitu Larungan. Tradisi ini sudah terlaksana secara turun temurun. Inti tradisi Larungan adalah penenggelaman kepala kerbau di tengah laut lalu diperebutkan masyarakat.

Baca: Crazy Rich Jepara Sempat Hubungi Ganjar saat Bangun Jembatan, Tapi Dicuekin

Tahun ini, tradisi Larungan dan Pesta Lomban akan dihelat secara meriah. Rangkaian tradisi Larungan akan dilaksanakan sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Itu seperti arak-arakan kerbau yang akan disembelih serta pentas wayang kulit.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan Larungan dan Pesta Lomban akan diselenggarakan pada awal pekan depan, Senin (9/5/2022). Tradisi Larungan akan diawali dengan berziarah ke makam leluhur Kelurahan Ujungbatu. Lalu dilanjutkan pemotongan kerbau di rumah pemotongan hewan.

“Kerbau yang disembelih dagingnya dimasak untuk dimakan bersama-sama seluruh warga pada malam hari saat pertunjukan wayang kulit. Kemudian pagi harinya, kepala kerbau dilarung ke tengah laut,” kata Andi, Kamis (5/5/2022).

Baca: Crazy Rich Jepara Habis-habisan Demi Bangun Jembatan

Usai larung kepala kerbau dilanjutkan dengan tradisi Lomban di Pantai Kartini. Festival Kupat Lepet tahun ini kembali dihadirkan diperhelatan Lomban. Dua gunungan ketupat dan lepet disiapkan. Nantinya, gunungan ketupat dan lepet akan diperebutkan warga.

Selain itu, sejumlah atraksi kesenian telah disiapkan untuk memeriahkan Festival Kupat Lepet tahun ini. Itu seperti tari-tarian dan kesenian kentrung.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...