Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 5 Mei: Meninggalnya Penyanyi Didi Kempot di Tahun 2020

Catatan Sejarah Tanggal 5 Mei: Meninggalnya Penyanyi Didi Kempot di Tahun 2020
Foto: Penyanyi Didi Kempot saat konser di Alun-alun Purwodadi, Grobogan bulan Maret 2020 (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 5 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 5 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1215

Para bangsawan di Kerajaan Inggris mulai menentang Raja John dan menyatakan telah melepaskan kesetiaan mereka. Hal itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang berujung lahirnya Magna Carta.

1494

Christopher Colombus mendarat di Jamaika dalam penjelajahannya di kawasan Amerika. Colombus lantas mengklaim wilayah Jamaika menjadi milik Spanyol. Hal itu ia lakukan karena pelayarannya didanai Kerajaan Spanyol.

Baca juga: Deretan Artis Tanah Air yang Meninggal di Tahun 2020, dari Glenn Fredly hingga Didi Kempot

1818

Karl Heinrich Marx lahir di Trier, Prusia. Ia kemudian dikenal sebagai seorang filsuf, tokoh sosiologi, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan. Selain itu, Marx juga dikenal sebagai pencetus ideologi Marxisme.

1821

Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte meninggal dunia pada usia 51 tahun. Ia meninggal akibat kondisi kesehatannya yang memburuk sejak beberapa bulan sebelumnya.

1835

Alat tranportasi berupa kereta api untuk kali pertama digunakan di Eropa. Kereta api tersebut dibuka untuk perjalanan dari Brussels ke Mechelen di Belgia.

1940

Pasukan Norwegia menyerah kepada Jerman setelah hampir sebulan dibombardir. Pihak Norwegia lantas membentuk pemerintahan darurat di London, Inggris.

1944

Pasukan Jerman mengeksekusi mati 216 warga sipil di Desa Kleisoura di Yunani. Pembantaian itu dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan tiga tentara Jerman oleh gerilyawan Yunani.

1945

Pemberontakan di Praha, Ceko dimulai. Pemberontakan tersebut adalah upaya untuk membebaskan Praha dari cengkeraman pihak Jerman.

1955

Jerman Barat meraih kedaulatan penuh setelah sebelumya dikontrol pihak Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Inggris—sejak 1949. Kedaulatan tersebut adalah hasil dari Konvensi Bonn-Paris.

1964

Council of Europe atau Majelis Eropa menetapkan 5 Mei sebagai Hari Eropa. Hari Eropa adalah peringatan tahunan demi merayakan perdamaian dan persatuan negara-negara Eropa.

1980

Pengepungan Kedutaan besar Iran berlangsung dari 30 April hingga 5 Mei 1980, setelah 6 orang bersenjata menyerbu kedutaan di Kensington Selatan, London. Pasukan khusus Tentara Inggris berhasil menyelamatkan 25 sandera, satu sandera meninggal, 5 dari enam penyandera ditembak.

2007

Kenya Airways Penerbangan 507 jatuh dekat kota Lolodorf, sekitar 160 km di sebelah tenggara kota pantai Douala, Kamerun selatan pada 5 Mei 2007, 105 penumpang dan 9 awak pesawat meninggal dunia.

2020

Didik Prasetyo atau lebih dikenal dengan nama Didi Kempot adalah penyanyi dan pencipta lagi campur sari. Didi Kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020 pukul 07.45 WIB dalam usia 53 tahun di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta akibat henti jantung.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...