Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 4 Mei: Terjadi Pertempuran Paringin antara Pasukan Antasari Melawan Belanda Tahun 1861

Catatan Sejarah Tanggal 4 Mei: Terjadi Pertempuran Paringin antara Pasukan Antasari Melawan Belanda Tahun 1861
Foto: Gambaran pertempuran Paringin di Kalimantan Selatan (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 4 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 4 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1814

Pemimpin Prancis Napoleon Bonaparte tiba di Pulau Elba untuk memulai masa pengasingannya yang pertama setelah kalah perang dari Rusia, Austria, dan Prusia. Napoleon Bonaparte kemudian berhasil malarikan diri dari Pulau Elba dan kembali memimpin Prancis pada 20 Maret 1815.

1861

Pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Banjar meletus di wilayah Paringin yang kini menjadi bagian dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Pangeran Miradipa dan Pangeran Syarif Umar tewas dalam Pertempuran Paringin tersebut.

Baca juga: Sering Bikin Kliru! Di Grobogan Ada Desa Namanya Sama tapi Beda Kecamatan lho, Ini Datanya

1904

Pembangunan Terusan Panama yang sebelumnya dilakukan pihak Prancis sejak 1880 dan terhenti pada 1893 dilanjutkan pihak Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Prancis menghentikan pembangunan Terusan Panama karena banyak penyakit yang menyerang para pekerja.

1945

Pasukan Jerman yang ada di Belanda dan Denmark menyerah kepada Inggris. Pasukan Jerman itu menyerah setelah Sekutu mengklaim kemenangannya atas Jerman dan pengakuan kekalahan dari pihak Jerman dalam Perang Dunia II.

1959

Untuk kali pertama, Grammy Award digelar oleh National Academy of Recording Arts and Sciences demi memberikan apresiasi kepada karya musisi yang diciptakan pada 1958. Grammy Award pertama itu digelar di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills California dan Park Sheraton Hotel di New York City, Amerika Serikat (AS).

1979

Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri Inggris.

1980

Presiden pertama Yugolavia Joseph Broz Tito meninggal dunia pada usia 87 tahun. Tito meninggal dunia saat masih menjabat sebagai presiden. Ia menjabat sebagai presiden Yugoslavia sejak 1953. Setelah kematiannya, posisi Tito sebagai presiden Yugoslavia digantikan Lazar Kolisevski.

1987

Jorge Lorenzo Guerrero lahir di Palma de Mallorca, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pembalap sepeda motor dalam ajang Moto GP. Sejak mengikuti kompetisi Moto GP pada 2008 silam, Lorenzo telah meraih gelar juara sebanyak tiga kali.

1987

Francesc Fabregas Soler lahir di Arenys de Mar, Spanyol. Saat ini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama klub ternama di tanah Inggris, yakni Chelsea. Sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2014 lalu, pemain yang kini akrab disapa Cesc Fabregas itu juga pernah membela klub besar lain di Eropa, yakni Barcelona dan Arsenal.

1998

Unjuk rasa yang berakhir kerusuhan besar terjadi di wilayah Medan, Indonesia. Peristiwa tersebut kemudian dianggap sebagai awal rangkaian unjuk rasa di berbagai wilayah di Indonesia menuntut reformasi.

2009

Kapal kargo milik Korea Utara (Korut) selamat dari serangan bajak laut di perairan Somalia setelah dibantu kapal perang milik Korea Selatan (Korsel) yang sedang berpatroli di kawasan tersebut pada 4 Mei.

2013

Berawal pada penghadangan etnis Jukun yang hendak ke pemakaman melintas di Kota Kecil Wukari, Negara Bagian Taraba, Nigeria oleh pemuda etnis Hausa dan Fulani menyebabkan bentrokan. Sebanyak 39 orang meningal, puluhan luka.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...