Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 3 Mei: Petinju Ellyas Pical Rebut Gelar Tinju Dunia IBF dari Judo Chun Tahun 1985

Catatan Sejarah Tanggal 3 Mei: Petinju Ellyas Pical Rebut Gelar Tinju Dunia IBF dari Judo Chun Tahun 1985
Foto: Ellyas Pical (CNN Indonesia/Safir Makki)

MURIANEWS, Kudus- Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 3 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 3 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

752

Yaxun Balam IV mengklaim dirinya sebagai penguasa Suku Maya di kawasan yang kini disebut Chiapas di Meksiko. Yaxun Balam IV sempat ditiolak menjadi penguasa oleh sejumlah anggota suku karena tak dianggap sebagai pewaris takhta yang sah.

1913

Film layar lebar pertama yang diproduksi di India, Raja Harishchandra, dirilis pada 3 Mei. Selain itu, peluncuran film tersebut menandai awal perindustrian film layar lebar di India.

Baca juga: Sering Bikin Kliru! Di Grobogan Ada Desa Namanya Sama tapi Beda Kecamatan lho, Ini Datanya

1921

Wilayah Irlandia resmi pecah menjadi dua bagian setelah Akta Pemerintahan Irlandia 1920 disahkan. Sejak itu, Irlandia menjadi dua bagian, yakni Republik Irlandia dan Irlandia Utara.

1942

Pasukan Angkatan Laut Jepang menyerang Pulau Tulagi di Kepulauan Solomon sebagai bagian awal Operasi Mo pada 3 Mei. Kemudian peristiwa itu memicu Pertempuran Laut Coral yang melibatkan pasukan Jepang melawan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Australia.

1968

Operasi transplantasi jantung pertama di Inggris berhasil dilaksanakan di Rumah Sakit Jantung Nasional di Marylebone, London. Dalam operasi itu, tim yang melaksanakan operasi ada 18 dokter.

1971

Lebih dari 6.000 pengunjuk rasa di Washington D.C., Amerika Serikat (AS) yang menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam ditangkap 3 Mei. Mereka ditangkap saat mencoba mengganggu lalu lintas kereta komuter.

1985

Petinju Indonesia Ellyas Pical, berhasil merebut gelar tinju dunia IBF dari Judo Chun, petinju dari Korea Selatan. Ellyas Pical (lahir 24 Maret 1960) adalah petinju asal Indonesia yang merupakan juara dunia pertama dari Indonesia. Ellyas Pical juga merupakan putera daerah/anak negeri Ullath, ia merupakan keturunan dari keluarga besar (fam/marga/mata rumah) Pical.

1985

Ezequiel Ivan Lavezzi lahir di Villa Gobernador Galvez, Argentina. Kemudian ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah bermain untuk klub-klub besar di Eropa, yakni Napoli dan Paris Saint-German. Lavezzi pensiun pada 2019 silam.

1990

Pemerintah Latvia mendesak pihak Uni Soviet untuk memberikan kemerdekaan agar segera lepas dari Uni Soviet. Setahun kemudian, Latvia berhasil melepaskan diri dari Uni Soviet bersama Uzbekistan, Tajikistan, Kyrgyzstan, Azerbaijan, Ukraina, Moldova, Lituania, Belarusia dan Estonia.

1993

Majelis Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan 3 Mei sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia pada Sidang Umum tahun 1993. Dipilihnya 3 Mei untuk memperingati diselenggarakannya Deklarasi Windhoek di ibu kota Namibia pada 29 April-3 Mei 1991 yang digagas pekerja pers di Afrika.

1997

Ivana Jorovic lahir di Cacak, Serbia, 3 Mei. Kemudian ia dikenal sebagai pemain tenis ternama yang sudah meraih banyak gelar juara. Bahkan sejak memulai karier profesional pada 2012 , Jorovic sudah meraup 12 gelar juara di semua ajang yang ia ikuti.

2002

Sebuah pesawat tempur milik Angkatan Udara India jatuh dan menabrak bank di Kota Jalandhar, India pada 3 Mei. Peristiwa itu menewaskan 8 orang dan membuat 17 orang lainnya luka-luka.

2010

Faisal Shahzad, warga AS kelahiran Pakistan berusia 30 tahun, ditangkap 3 Mei setelah penegak hukum mengkaitkannya dengan sebuah mobil berisi bom rakitan yang diparkir di Times Square namun gagal meledak.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...