Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO JATENG

Sebelum Terbakar, Lahan Pasar Mebel Gilingan Solo Direncanakan Jadi Sentra IKM

Sebelum Terbakar, Lahan Pasar Mebel Gilingan Solo Direncanakan Jadi Sentra IKM
Kondisi Pasar Mebel Gilingan Solo yang terbakar, Selasa (3/5/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

MURIANEWS, Solo – Penyebab kebakaran Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo masih menjadi tanda tanya. Insiden itu terjadi Selasa (3/5/2022) pukul 14.00 WIB.

Kebakaran itu diketahui dari munculnya asap di salah satu kios pasar itu. Kemudian muncul api dan membesar. Namun, belum diketahui pasti yang memicu kebakaran tersebut.

Para pedagang pun tak mengetahuinya. Sebab, saat kejadian tak ada aktivitas di seluruh kios pasar mebel itu, termasuk di kios di mana asap kali pertama terlihat. Para pekerja tengah libur Lebaran.

Baca:Pasar Mebel Gilingan Solo Terbakar 

“Awalnya ada asap dari kios di sebelah saya yang sisi barat, enggak lama kemudian muncul api. Sekitar pukul 13.30 WIB,” kata salah satu pedagang, Anam, dikutip dari Solopos.com.

Anam mengaku tidak tahu apa penyebab munculnya asap dan api itu, termasuk apakah saat kejadian terjadi korsleting. “Ya tidak tahu apa korsleting atau tidak. Tadi pas tahu ada api listrik langsung dimatikan,” jelasnya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, ini merupakan kali keempat Pasar Mebel Gilingan Solo terbakar. Sebelumnya, pasar ini pernah terbakar pada 1994, 2007, dan 2014.

Sebelum terbakar pada Selasa, Pemkot Solo telah memastikan akan membangun Sentra Industri Kecil dan Menengan (IKM) Mebel di lahan pasar tersebut. Pedagang bahkan sudah diminta untuk pindah setelah Lebaran.

Rencananya, pedagang akan dibuatkan pasar baru di lahan eks Bong Mojo, Jebres, Solo. Hanya pedagang yang lolos kurasi yang nantinya bisa menempati Sentra IKM Mebel tersebut.

Sementara itu, proses pemadaman dan pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) masih berlangsung. Total ada 10 unit mobil damkar yang didatangkan ke lokasi.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...