Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

139 Warga Binaan Lapas Purwodadi Grobogan Terima Remisi Lebaran

139 Warga Binaan Lapas Purwodadi Grobogan Terima Remisi Lebaran
Warga binaan menunjukkan dokumen pemberian remisi khusus Idulfitri di Lapas Purwodadi, Senin (2/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 139 orang penghuni Lapas Kelas IIB Purwodadi terima remisi khusus Idulfitri, Senin (2/5/2022). Lama remisi para warga binaan beragam.

Di mana, mereka mendapat 15 hari sampai dua bulan potongan masa hukuman. Namun, tak ada warga binaan yang langsung bebas usai dapat remisi.

“Total penerima remisi ada 139 warga binaan. Rinciannya, yang dapat remisi 15 hari ada 47 orang, satu bulan sebanyak 87 orang, sebulan 15 hari sebanyak 4 orang, dan seorang mendapat remisi dua bulan,” terang Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Binadik) dan Kegiatan Kerja, Lapas Kelas IIB Purwodadi Mustofa.

Mustofa menerangkan, mereka yang mendapatkan remisi Lebaran ini telah memenuhi syarat. Sebelumnya, telah dilakukan asesmen atau penilaian terhadap seluruh warga binaan sebelum ditentukan penerimaan remisi.

Baca: Bocah Kedua Korban Tenggelam di Sungai Tuntang Grobogan Akhirnya Ditemukan

“Tentu banyak juga yang tidak memenuhi syarat, seperti belum menjalani masa hukuman 6 bulan, atau berkasnya belum lengkap,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mustofa menambahkan, jumlah total penghuni Lapas Purwodadi saat ini ada 239 orang. Prosesi pemberian remisi itu dilakukan setelah salat Idulfitri di lapangan Lapas setempat.

Acara dimulai dengan pembacaan sambutan Menteri Hukum dan Ham Yassona H. Laoly oleh Kalapas Kelas IIB Purwodadi Soebiyakto.

“Setelah pembacaan SK remisi dan penyerahan remisi kepada warga binaan, acara dilanjutkan dengan halal bihalal dan ditutup dengan makan bersama,” pungkasnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...