Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 1 Mei: Juara Dunia Formula1 Ayrton Senna Meninggal Dunia dalam Kecelakaan di GP San Marino 1994  

Catatan Sejarah Tanggal 1 Mei: Juara Dunia Formula1 Ayrton Senna Meninggal Dunia dalam Kecelakaan di GP San Marino 1994   
Foto: Ayrton Senna (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 1 Mei dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 1 Mei yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1328

Kerajaan Inggris secara resmi mengakui kemerdekaan Kerajaaan Skotlandia dengan menandatangani Perjanjian Edinburgh–Northampton. Penandatanganan perjanjian itu sekaligus mengakhiri Perang Kemerdekaan Skotlandia.

1707

Pakta persatuan ditandatangani Kerajaan Inggris dan Kerajaan Skotlandia pada 1 Mei. Dalam perjanjian, kedua kerajaan tersebut bersepakat untuk bersatu membentuk Kerajaan Britania Raya.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 30 April: Untuk Pertama Kalinya, Laga Final Piala FA 1938 Ditayangkan Televisi

1776

Illuminati gerakan yang didirikan pada 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas) dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang dan dipelopori oleh Adam Weishaupt.

1785

Kamehameha I berhasil mengalahkan Raja Pulau Ohau di Hawaii, Kalanikupule. Kemudian Kamehameha I menyatukan kepulauan di kawasan Hawaii demi membentuk sebuah kerajaan yang lantas ia pimpin.

1886

Sekitar 40.000 buruh di Amerika Serikat (AS) berunjuk rasa menuntut sistem kerja delapan jam sehari. Sebelumnya, para buruh bekerja 19-20 jam sehari. Kemudian pada Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia di Paris, Prancis menetapkan 1 Mei, sebagai Hari Buruh Sedunia.

1940

Olimpiade Musim Panas adalah ajang olahraga musim panas internasional yang pertama kali diadakan pada tahun 1896 dan diadakan setiap empat tahun sekali oleh Komite Olimpiade Internasional. Namun penyelenggaran pada 1940 dibatalkan karena perang.

1945

Menteri Propaganda Jerman, Joseph Goebbels, bersama istriya, Magda, bunuh diri di luar Furherbanker di Berlin menyusul kekalahan Jerman pada Perang Dunia II pada 1 Mei. Bahkan anak-anak Goebbels juga tewas setelah dicekoki racun sianida oleh Magda.

1960

Pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh oleh pasukan Uni Soviet di dekat Sverdlovsk, Rusia. Pilot pesawat Garry Powers ditahan Uni Soviet. Kejadian ini menyebabkan hubungan kedua negara makin memburuk.

1961

Di hadapan 10.000 rakyat Kuba, pada 1 Mei Fidel Castro menyatakan Kuba adalah negara sosialis yang tak membutuhkan pemilihan umum. Selain itu ia juga menyatakan akan segera mengusir pastor Katolik dari Kuba.

1994

Ayrton Senna da Silva (21 Maret 1960 – 1 Mei 1994) adalah seorang pembalap mobil profesional dari Brasil. Ia membalap di arena Formula Satu dari musim 1984 sampai dengan musim 1994, dan sukses meraih tiga kali gelar juara dunia pada musim 1988, 1990, dan 1991, pada saat bergabung bersama dengan tim McLaren.

Ia dikenal juga sebagai salah satu pembalap legendaris dalam sejarah olahraga bermotor roda empat secara umum. Ia meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan fatal di Grand Prix San Marino 1994 pada saat sedang memimpin lomba.

2003

Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush menyatakan peperangan di Irak yang melibatkan AS telah berakhir. Pernyataan itu ia sampaikan pada sebuah pidato di kapal induk USS Abraham Lincoln di pantai dekat California.

2009

Pernikahan sesama jenis di Swedia telah dilegalkan sejak 1 Mei 2009 setelah diadopsinya undang-undang perkawinan netral gender oleh Riksdag pada 1 April 2009.

2014

Hari Buruh menjadi hari libur nasional mulai 1 Mei 2014 ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Hari ini saya tetapkan 1 Mei sebagai Hari Libur Nasional dan dituangkan dalam Peraturan Presiden,” kicau SBY melalui akun @SBYudhoyono.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...