Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tak Perlu Berbahasa Arab Untuk Komunikasi dengan Allah

Emha Ainun Najib menjelang senja (MURIANEWS/Tangkapan Layar)

MURIANEWS, Kudus – Budayawan sekaligus ulama kondang, Emha Ainun Najib atau yang kerap dikenal sebagai Cak Nun dalam acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng menuturkan tak perlu berbahasa Arab bila seorang umat Allah ingin berbicara kepadaNya.

Allah, maha mengerti dan Allah selalu berkomunikasi dengan umatnya di setiap sendi-sendi kehidupan di dunia.

“Jadi tidak perlu pakai bahasa Arab kalau mau matur Gusti Allah,” kata Cak Nun, Minggu (1/5/2022).

Allah, imbuh Cak Nun, memang memilih Bahasa Arab sebagai bahasa untuk menyampaikan pesan-pesannya, lalu kemudian dinamailah Al Qur’an. Namun terlepas dari itu, Allah maha mengerti apa yang dikomunikasikan umatnya.

BacaCak Nun: Menyakiti Manusia Sama Saja Menyakiti Allah

“Al Qur’an itu sebagian kalimat Allah yang dibukukan. Namun lebih dari itu, ada banyak firman Allah yang bisa jadi sangat banyak sehingga tidak bisa dibukukan, karena itu tadi, Allah selalu berkomunikasi dengan umatnya di setiap jengkal kehidupan umatnya,” imbuhnya.

Cak Nun pun mencontohkan ketika Allah memberi petunjuk ataupun hidayah pada umatnya, itu merupakan salah satu cara Allah berkomunikasi dengan umatnya. Allah menuntunnya ke arah yang lebih baik.

“Karena itulah kita tinggal bersyukur saja. Semua kehidupan manusia, itu adalah ayat Allah,” sambung Cak Nun.

Dia juga mengatakan, Allah selalu hadir di setiap aktifitas manusia. Kemanapun manusia beraktifitas maka di situ ada Allah dengan segala kasih sayangnya.

BacaCak Nun Ajak Belajar dari Kesetiaan Rasulullah

“Semua bertasbih pada Allah, daun-daun hingga lautan, termasuk manusia sekalipun,” pungkas Cak Nun.

Acara Menjelang senja bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng persembahan PR Sukun sendiri telah tayang di channel youtube MURIANEWS TV, CakNun.com, PR SUKUN, dan KIAI KANJENG.

Acara tersebut, ditayangkan pada tanggal 7 April, 12 April, 19 April, 22 April, 25 April, 28 April, dan 1 Mei 2022.

Reporter: Anggara Jiwandhana

Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...