Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tertutup Mendung, Hilal Tak Terlihat di Jepara

Patauan hilal di Jepara (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara- Pemantauan hilal di Kabupaten Jepara terhalang mendung. Akibatnya, hilal tak bisa terlihat dari Kabupaten Jepara.

Cuaca di Jepara sejak pagi memang sudah diselimuti mendung tipis. Meskipun tak hujan, kondisi itu cukup menyulitkan para perukyah melihat hilal dengan mata telanjang atau melalui teropong.

Pemantauan hilal ini dilaksanakan di Pantai Kartini, Kabupaten Jepara. Cuaca sore ini tak jauh beda dengan waktu Rukyatul hilal saat penentuan awal Ramadan bulan lalu.

Berdasarkan prediksi para perukyah, di Jepara ketinggian hilal sudah mencapai 5 derajat 56 menit. Sedangkan, elongasi atau jarak antara matahari dan bulan sudah mencapai 6 derajat 39 menit.

BacaRukyatul Hilal Penentuan 1 Syawal di Bukit Sokobubuk Pati Batal Digelar

Para perukyah diberi waktu selama 22 menit sejak matahari tenggelam. Namun, tak ada satupun perukyah yang bisa melihat hilal.

“Selama sekitar 20 menit, para perukyah tidak ada yang melihat hilal. Karena memang mendungnya cukup tebal,” kata Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Jepara, Muh Habib, Minggu (1/5/2022).

Habib menyampaikan, tebalnya mendung memang sangat menyulitkan hilal terlihat. Padahal, jika tidak ada mendung, potensi hilal untuk terlihat sangatlah besar.

Habib menambahkan, beberapa daerah lain sudah ada yang bisa melihat hilal. Itu seperti di Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan.

“Itu bisa menjadi acuan kita. Tapi yang pasti kita tetap menunggu keputusan pemerintah pusat,” jelas Habib.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidaya

Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...