Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polres Pati Siagakan 173 Personel, Siap Tindak Arak-Arakan Takbir Keliling

Polres Pati Siagakan 173 Personel, Siap Tindak Arak-Arakan Takbir Keliling
Apel siaga kesiapan personel di halaman Mapolres Pati, Minggu (5/1/2022) pagi. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati- Polres Pati menyiagakan 173 personel untuk pengamanan saat malam Lebaran 1443 H/2022 M. Terlebih apabila ada warga yang melakukan arak arakan takbir keliling, maka akan langsung dilakukan penindakan.

Dengan jumlah personel yang cukup terbatas itu, mereka akan diposisikan dalam empat zona. Zona 1 yakni di Kecamatan Pati Kota, Margorejo, Gembong, Tlogowungu, Wedarijaksa, dan Trangkil. Sebanyak 58 personel disiapkan untuk mengamankan zona ini.

Kemudian, zona 2 meliputi wilayah Kecamatan Sukolilo, Kayen, Winong, Gabus, dan Tambakromo, dengan 48 personel plus satu ton brimob disiagakan untuk memantau keamanan di kecamatan-kecamtan ini.

BacaMau Digunakan Takbir Keliling, “Naga dan Ogoh-Ogoh” di Pati Diamankan

Sedangkan di zona 3, yang meliputi wilayah Kecamatan Juwana, Batangan, Pucakwangi, Jaken, dan Jakenan. Zona ini akan dijaga oleh 44 personel.

Sementara itu di zona 4, di wilayah Kecamatan Margoyoso Gunungwungkal, Tayu, Dukuhseti, dan Cluwak. Sebanyak 23 personel disiagakan.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, ploting personel dibagi dengan fleksibel dan bisa digerakkan sewaktu-waktu.

“Apabila dibutuhkan di zona lain agar bisa digeser. Saya tidak mau ada kejadian konflik di wilayah,” kata AKBP Christian Tobing usai apel siaga kesiapan personel di halaman Mapolres Pati, Minggu (5/1/2022) pagi.

BacaUngkap Alasan Larangan Takbir Keliling, Bupati Pati: Mohon Maaf

AKBP Tobing juga menginstruksikan para perwira pengamat wilayah (pamatwil) agar mengendalikan anggota dengan baik. “Untuk Samapta tidak ada yang bawa peluru tajam,” ujar dia.

Kapolres juga mengevaluasi terjadinya tawuran di wilayah Tambakromo malam tadi.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan kaitan evaluasi kejadian tadi malam yaitu ada perkelahian antarkampung di wilayah Tambakromo. Saya harapkan ini jadi atensi, laksanakan tugas dengan baik dan Kapolres di belakang anda,” tegas dia.

Tidak hanya itu, AKBP Tobing juga menginstruksikan kepada anggota Satlantas agar melakukan giat preventif. Ia memerintah jajarannya menindak bila ada konvoi atau arak-arakan takbir keliling.

“Agar anggota membawa (surat) tilang, begitu ada arak-arakan dan konvoi, ditindak untuk memaksimalkan giat preventif. Malam ini kita harus all out menjaga Kamtibmas di Kabupaten Pati,” tandas dia.

Reporter: Umar Hanafi
Editor: cholis Anwar

Comments
Loading...