Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Arab Saudi Tetapkan Idulfitri pada Senin 2 Mei 2022

Arab Saudi Tetapkan Idulfitri pada Senin 2 Mei 2022
Ilustrasi. Foto: Pixabay

MURIANEWS, Jakarta- Mahkamah Agung Arab Saudi telaha menetapkan Hari Raya Idulfitri tahun ini, yakni akan dimulai pada Senin (2/5/2022) waktu setempat.

Sebagaimana dilansir Al Arabiya, pejabat itu mengatakan bahwa Mahkamah Agung Saudi mengambil keputusan ini karena bulan Syawal belum terlihat pada Sabtu (30/4/2022).

Dengan keputusan ini, Minggu (1/5/2022) akan menjadi hari terakhir umat Muslim di Saudi bakal berpuasa pada Bulan Ramadan tahun ini.

“Senin menjadi hari pertama Idulfitri yang terberkati tahun ini,” ujar seorang pejabat mahkamah agung kepada Saudi Press Agency pada Sabtu (1/5/2022).

Baca: Dinkes Pastikan Puskesmas dan Rumah Sakit di Karanganyar Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Sebelum Saudi, sejumlah negara Timur Tengah lainnya, seperti Uni Emirat Arab, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Mesir, Sudan, serta Libanon dan Turki juga bakal merayakan Lebaran pada Senin.

Sementara itu, untuk penentuan Idulfitri tahun ini masih dalam pembahasan. Sebab, Kementerian Agama (Kemenag) baru akan melakukan sidang isbat pada petang nanti. Sehingga keputuan apakah 1 Syawal akan jatuh pada tanggal 2 mei atau tidak, tentunya masih menunggu keputusan sidang isbat tersebut.

Baca: Manfaatkan Lebaran untuk Perkuat Kebangkitan dari Pandemi

Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Saadi mengatakan, ada kemungkinan Idulfitri versi pemerintah akan jatuh pada tanggal yang sama dengan ormas Muhammadiyah, yakni 2 Mei 2022.

“Iya, InsyaAllah mudah-mudahan Lebaran ini bisa bersama-sama. Mudah-mudahan untuk Lebaran ini kita bisa bersama-sama umat Islam,” kata Zainut, dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (1/5/2022).

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...