Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Makan Pisang saat Perut Kosong Apakah Ada Efeknya? Ini Jawabannya

Makan Pisang saat Perut Kosong Apakah Ada Efeknya? Ini Jawabannya
Foto: Buah pisang (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Pisang adalah salah satu jenis buah paling digemari orang Indonesia. Apalagi, buah pisang ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai tempat.

Biasanya, orang makan pisang setelah selesai makan. Namun, saat acara santai, terkadang juga disuguhkan buah pisang.

Disamping itu, ada juga orang yang biasa makan pisang sebagai pengganti sarapan. Hal ini dilakukan agar dalam perut sudah ada isinya daripada tidak makan sama sekali.

Baca juga: Kolak Pisang Tak Hanya Pelepas Dahaga saat Berbuka, Ini Manfaat Lainnya bagi Kesehatan

Namun, apa boleh makan pisang saat perut kosong? Melansir dari laman Hello Sehat, makan buah pisang jadi salah satu pilihan jika Anda tidak sempat sarapan.

Kelihatannya makan pisang menyehatkan karena yang Anda konsumsi adalah buah yang kaya vitamin dan mineral. Namun, benarkah demikian?

Sebenarnya makan pisang dalam kondisi belum makan itu boleh dan tidak boleh.

Pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong karena beberapa kandungannya yang tidak cocok dengan kondisi perut saat itu. Semakin matang pisang, semakin banyak gula yang dikandungnya.

Efeknya, konsumsi pisang matang semakin besar pengaruhnya pada kadar gula darah. Jika pisang yang Anda konsumsi berukuran besar dan matang atau dikonsumsi dalam jumlah besar dalam sekali makan, kadar gula darah bisa melonjak naik dengan cepat.

Nah, nilai yang menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula dikenal dengan istilah indeks glikemik (IG). Angka dari indeks glikemik adalah 0 sampai 100. Makanan apa pun dengan indeks glikemik di bawah 55, dianggap memiliki efek yang rendah pada gula darah.

Bila indeks glikemiknya di atas 55, itu artinya efeknya cepat pada gula darah. Untuk buah pisang yang matang berukuran besar, angka indeks glikemiknya adalah 60, yang cepat menaikkan kadar gula darah.

Peningkatan kadar gula darah yang cepat akibat makan pisang saat perut kosong bisa menyebabkan tubuh lemas dan cepat lapar. Namun, Anda perlu memahami bahwa sebenarnya efek tersebut bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Tubuh setiap orang bisa merespons makanan dengan cara yang sedikit berbeda.

“Beberapa orang mungkin mengalami kenaikan gula darah yang lebih tinggi setelah mengonsumsi makanan tertentu, termasuk pisang,” ujar Heidi Karner, RDN, ahli diet dari Joslin Diabetes Center Harvard, seperti dikutip dari laman Livestrong.

Oleh karena itu, Anda bisa mengecek cek gula secara mandiri di rumah setelah buah pisang dimakan untuk tahu bagaimana efeknya pada tubuh.

Kalau pisang hanya dimakan satu buah saja, apakah efeknya sama?

Makan satu buah pisang di saat perut kosong, misalnya untuk sarapan bukanlah hal yang tepat. Mengingat Anda membutuhkan banyak energi untuk memulai kegiatan di pagi hari, makan satu buah pisang saja kadang tidak menyediakan energi yang cukup bagi tubuh.

Lain halnya jika Anda makan pisang tapi dilengkapi juga oatmeal, roti, atau menu sarapan sehat lainnya. Selain jumlah energi yang didapat lebih besar, kombinasi makanan ini juga memberikan beragam zat gizi bagi tubuh.

Kapan waktu yang tepat makan pisang?

Terlepas dari kondisi perut, pisang adalah makanan menyehatkan karena mengandung serat, vitamin B6, kalium, magnesium, vitamin C, dan mangan. Jadi, sangat sayang jika manfaat pisang Anda lewatkan begitu saja.

Kandungan kalium pada pisang bisa menurunkan tekanan darah karena menyeimbangkan natrium di dalam tubuh dan mengurangi tekanan pembuluh darah di sekitar jantung. Di samping itu, buah pisang juga mengandung serat yang bisa mencegah masalah pencernaan seperti diare.

Anda bisa makan pisang kapan saja, bisa di waktu pagi sebagai sarapan dengan makanan lainnya, di siang hari sebagai makanan pencuci mulut, atau di sore atau malam hari sebagai camilan dan disajikan dengan yoghurt. Selain waktunya, banyaknya jumlah pisang yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan.

Memang tidak ada aturan pasti seberapa banyak pisang boleh dimakan. Aturannya, Anda boleh makan buah pisang lebih dari satu dalam sehari, asal tidak melebihi asupan kalori per harinya.

Waktu makannya pun jangan sekaligus, tapi dibagi pada beberapa waktu. Cara sehat mengonsumsi buah pisang yang bisa Anda ikuti adalah menyajikannya bersama makanan lain yang juga menyehatkan.

Sajikan pisang yoghurt dengan potongan pisang dan kacang almon atau oatmeal dengan potongan pisang dan stroberi.

Nah, sudah tahukan alasan kenapa buah pisang kurang tepat dikonsumsi saat perut kosong. Jika sudah tahu, ikuti tips amannya mengonsumsi buah pisang agar bisa mendapatkan manfaatnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...