Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Jenis-Jenis Derek Mobil yang Perlu Diketahui

Ini Jenis-Jenis Derek Mobil yang Perlu Diketahui
Foto: Ilustrasi derek mobil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus- Derek mobil adalah kendaraan yang diperuntukkan untuk memberikan pertolongan. Yakni terhadap kendaraan lain yang mengalami gangguan, seperti mogok atau mengalami kecelakaan.

Derek mobil ini ternyata ada banyak jenisnya. Berikut ini daftar jenis derek mobil, seperti dilansir dari Auto2000, Sabtu (30/4/2022).

1. Boom

Derek jenis boom diperuntukan untuk menderek mobil yang jatuh ke sungai atau terbalik. Bisa dikatakan bahwa jenis derek satu ini khusus untuk membantu mobil dengan keadaan yang sangat parah.

Baca juga: Biaya Derek Mobil di Jalan Tol, Gratis atau Bayar? Ini Jawabannya

2. Kait dan Tarik

Jenis derek kait dan tarik diperuntukan untuk mobil yang keadaannya masih baik atau masih bisa dikendalikan oleh pengemudi. Fungsi dari adanya pengemudi yang mengendalikan ialah untuk membantu memudahkan derek mobil sampai ke tempat tujuan. Umumnya derek kait dan tarik menggunakan alat tambahan seperti rantai untuk menderek mobil tersebut.

3. Roda Diangkat

Jika Anda pernah melihat mobil yang di derek dengan sebagian roda saja maka ini merupakan jenis derek roda diangkat. Derek jenis ini hanya mengangkat salah satu bagian roda, baik itu roda depan atau roda belakang. Derek roda diangkat biasanya digunakan untuk menarik mobil yang parkir tidak pada tempatnya alias pada tempat yang dilarang.

4. Derek Gendong

Sama seperti namanya, derek gendong menderek mobil dengan cara menaruh mobil tersebut di belakang bagian mobil truk derek seperti sedang digendong. Penggunaan jenis derek ini biasanya digunakan untuk mobil yang sudah tidak bisa lagi berjalan atau untuk mengantarkan mobil baru ke rumah pembelinya.

5. Derek Hidrolik

Hampir sama dengan cara derek gendong, derek hidrolik juga mengangkat mobil dan menaruhnya di bagian belakang mobil truk derek. Perbedaannya terdapat pada teknologi hidrolik yang ada di mobil truk derek. Jenis derek ini dapat menurunkan bak mobil derek agar mobil tersebut bisa diangkut tanpa goresan.

Demikian informasi jenis-jenis derek yang ada di Indonesia. Penting diperhatikan, jangan sampai lupa untuk selalu mengecek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan ke mana pun. Khususnya ke lokasi yang cukup jauh dan memakan waktu cukup lama.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...