Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 30 April: Untuk Pertama Kalinya, Laga Final Piala FA 1938 Ditayangkan Televisi

Catatan Sejarah Tanggal 30 April: Untuk Pertama Kalinya, LagCatatan Sejarah Tanggal 30 April: Untuk Pertama Kalinya, Laga Final Piala FA 1938 Ditayangkan Televisia Final Piala FA 1938 di Inggris Ditayangkan Televisi
Foto: Logo Piala FA Inggris (wikipedia.com)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 30 April dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 30 April yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1492

Pemerintah Kerajaan Spanyol bersepakat untuk mendanai pelayaran Christopher Colombus. Kemudian dalam pelayaran itu, Colombus mengarungi Samudera Atlantik dari Eropa untuk menuju daratan barat yang kini disebut Benua Amerika.

1789

Pada 30 April 1789 George Washington secara resmi dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS). Washington menjabat sebagai presiden AS selama dua periode hingga 1797.

Baca juga: Wisata Sejarah Sambil Istirahat di Bekas PG Banjaratma Brebes yang Dijadikan Rest Area Jalan Tol

1900

Hawaii secara resmi menjadi kawasan milik Amerika Serikat (AS). Sanford B. Dole menjadi gubernur pertama Hawaii di bawah pemerintahan AS.

1938

Untuk kali pertama, pertandingan sepak bola di Inggris ditayangkan di televisi pada 30 April. Pertandingan tersebut adalah laga final dalam ajang Piala FA yang mempertemukan Preston North End dan Huddersfield Town di Stadion Wembley, London.

1940

Jerman mengklaim telah menguasai seluruh wilayah Norwegia. Selain itu, Jerman juga menyatakan telah menangkap sejumlah tentara Inggris sebagai tawanan perang.

1945

Pasukan Uni Soviet mengibarkan bendera kemenangan di Gedung Reichstag, Berlin, Jerman pada 30 April. Ini sebagai tanda kemenangan Uni Soviet bersama Sekutu dalam Perang Dunia II.

1966

Gereja Setan didirikan di San Fransisco, California, pada malam Walpurgis 30 April 1966 oleh Anton Szandor LaVey. Kemudian Anton LaVey menjadi Pendeta Tinggi gereja ini sampai kematiannya pada tahun 1997

1975

Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Saigon dan merebutnya dari tentara Vietnam Selatan. Saat itu, Presiden Vietnam Selatan Duong Van Minh menyerah tanpa syarat kepada Vietnam Utara sekaligus mengakhiri Perang Vietnam.

1980

Ratu Belanda, Juliana, menyerahkan takhta kerajaan kepada putrinya, Beatrix. Setelah memangku takhta selama 33 tahun, Beatrix menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Willem-Alexander, pada 30 April 2013.

1981

John Francis O’Shea lahir di Waterford, Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama Manchester United selama 13 tahun.

2009

Tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera saat perayaan Hari Ratu di Apeldoorn, Belanda, dalam upaya percobaan pembunuhan terhadap Ratu Beatrix. Hari Ratu diadakan untuk merayakan ulang tahun Ratu Belanda.

2015

Setelah sekitar 11 tahun sejak diluncurkan 3 Agustus 2004, misi MESSENGER berakhir pada 30 April 2015, ketika wahana ini menghabiskan bahan bakar terakhirnya, mengalami peluruhan orbit dan menjatuhkan diri di permukaan Merkurius.

2022

30 April 2022 merupakan hari terakhir siaran televisi TV Analog di 38 dari 119 kabupaten dan kota di Pulai Jawa. Pemerintah mulai menghentikan siaran TV Analog secara bertahap dimulai tahap pertama 30 April tahun ini.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...