Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cara Cek Faskes di Kudus yang Layani BPJS Pemudik saat Libur Lebaran

Pasien Covid-19
Ilustrasi pasien positif Covid-19 di rumah sakit. (Freepik)

MURIANEWS, Kudus – BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Jawa Tengah, menyediakan layanan untuk memudahkan pesertanya mengetahui daftar fasilitas kesehatan (faskes) yang masih membuka layanan saat libur Lebaran nanti.

Adapun layanan tersebut, bisa diakses melalui Care Center 165 atau melihat di website www.bpjs-kesehatan.go.id.

Khusus untuk warga Kota Kretek, peserta dapat menghubungi petugas BPJS Satu (Siap Membantu)  di nomor 08117312528, atas nama Ningrum. Atau di nomor 081259428830 atas nama Silvia.

BPJS Kesehatan Cabang Kudus sendiri, memastikan peserta JKN-KIS masih bisa mengakses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Selain itu, layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL) juga masih bisa diakses.

Ini juga berlaku bagi warga luar Kabupaten Kudus yang tengah mudik di Kudus. Hal ini ditegaskan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus, Agustian Fardianto, Sabtu (30/4/2022.

“Peserta luar domisili yang mudik saat libur Lebaran apabila membutuhkan pelayanan kesehatan dapat mengakses FKTP terdekat atau untuk kasus gawat darurat dapat langsung mengakses UGD Rumah Sakit terdekat,” katanya.

Baca: BPJS Kudus Sudah Cairkan Rp 253,55 Miliar Klaim dari Faskes

Sementara untuk pelayanan administrasi kesehatan, sudah bisa diakses mulai tanggal 4 hingga 6 Mei 2022 mendatang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan tiga Dinas Kesehatan, yakni Kudus Grobogan dan Jepara dan kami pastikan tidak ada gangguan pelayanan kesejatan di FKTP,” katanya

Selain itu, menurut dia dari hasil koordinasi tersebut juga disampaikan bahwa puskesmas akan tetap memberikan pelayanan kesehatan selama libur Lebaran dengan menempatkan petugas jaga piket.

Sedangkan untuk FKTP (dokter praktik perorangan/klinik pratama) ada yang buka dan tutup beberapa hari.

“FKTP yang tutup kami minta untuk berkoordinasi dan menunjuk faskes pengganti sebagai tempat pemberian pelayanan kesehatan selama tidak buka (praktik-red). Kami juga meminta agar memberikan pengumuman yang jelas terkait itu,” imbuhnya.

Baca: Ini Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Kudus Selama Libur Lebaran

Bagi peserta JKN-KIS yang mengalami kondisi kegawatdaruratan medis, lanjut dia, dapat mengakses fasilitas kesehatan terdekat dengan mekanisme penjaminan dan prosedur pelayanan pasien gawat darurat sesuai ketentuan yang berlaku.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...