Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Daftar Pantai di Jepara dengan View Sunset Terindah

Daftar Pantai di Jepara dengan View Sunset Terindah
Salah satu pemandangan senja yang bisa dinikmati di Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Garis pantai di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah memanjang dari ujung barat ke timur. Kondisi itu membuat pantai di Jepara memiliki view sunset atau matahari terbenam yang sangat sayang dilewatkan.

Berikut ini adalah daftar pantai di Jepara dengan view senja terbaik;

1. Pantai Semat

Pantai Semat berada di Desa Semat, Kecamatan Tahunan. Pantai ini bisa dibilang terletak di paling ujung garis pantai Jepara.

Tempatnya masih memiliki bibir pantai cukup luas dan bagus. Sebab, jika ke selatan lagi, rata-rata bibir pantai sudah sempit karena abrasi.

Tempat wisata ini dulunya kurang begitu terawat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Pantai Semat mulai berbenah.

Baca: Mau Liburan Saat Lebaran? Semua Tempat Wisata di Jepara Dibuka Lho

Aksesnya pun tak terlalu rumit. Nama Desa Semat pun banyak terpampang di papan penunjuk jalan ketika sudah masuk ke Kecamatan Pecangaan yang mengarah ke Kecamatan Kedung.

Atau, bila dari Jepara Kota, kamu bisa mengikuti jalan dari Pantai Teluk Awur. Karena Pantai Semat terletak di selatan Pantai Teluk Awur.

Lokasinya menghadap langsung ke matahari tenggelam. Pengunjung bisa menikmati senja dengan suasana ombak yang tenang. Ada banyak warung di bibir pantai yang bisa dijadikan tempat ngopi sambil mengantarkan mentari pulang.

2. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur sudah tak asing lagi bagi yang suka plesiran ke Jepara. Tempat wisata ini di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan. Pantai satu ini memang paling mudah dan banyak dijangkau wisatawan dari Demak atau Kudus.

Teluk Awur menghadap langsung ke matahari tenggelam. Bibir pantainya panjang. Dibanding Pantai Semat, Pantai Teluk Awur jauh lebih ramai.

Pengunjung dari berbagai kelas ekonomi bisa menikmati senja di sini. Bila kamu punya banyak uang dan ingin menikmati deburan ombak di tempat yang mewah, ada banyak café modern kelas atas.

Baca: Seekor Lumba-Lumba Terdampar di Pantai Jepara

Namun, bila kamu tipe orang yang low profile, tenang, ada banyak warung kecil yang menawarkan jajanan pinggiran. Kamu tetap bisa menikmati diri sebagai anak senja dengan hanya menyeruput kopi hitam.

3. Pantai Kartini

Siapa yang tak pernah ke Pantai Kartini? Rasa-rasanya sebagian besar penyuka pantai Jepara pernah singgah di sana. Sejak dulu, Pantai Kartini sudah menjadi ikon bagi Jepara. Pantai Kartini merupakan salah satu pantai yang dikelola oleh Pemkab Jepara.

Memang, tak semua sudut di Pantai Kartini bisa ditempati untuk menyaksikan matahari tenggelam. Tempat yang paling pas yaitu di anjungan belakang wahana Kura-kura raksasa.

Para pengamat hilal biasa memantau bulan dari tempat ini karena memang menghadap langsung ke matahari tenggelam.

4. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan di Desa Bandengan, Kecamatan Mulyoharjo. Jika dari pusat kota, jarak tempuhnya hanya sekitar sepuluh menit.

Tempat Wisata ini juga dikelola oleh Pemkab Jepara. Pantai Bandengan memang selalu ramai sebagai tujuan wisatawan. Bibir pantai yang luas dinilai cukup ramah anak.

Namun, tempat bersenja ria hanya sedikit. Pun itu tidak berada di obyek utama. Melainkan di ujung barat. Sejauh ini belum banyak berdiri warung atau café di spot matahari tenggelam. Namun, kamu bisa duduk di gazebo-gazebo yang ada.

5. Pantai Ujung Piring

Belum banyak wisatawan yang tahu pantai di Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo ini. Sebab, pantai ini masih belum terjamah banyak orang dari luar kota. Pantai ini bisa kamu tuju lewat Pantai Blebak.

Pantai Ujung Piring masih sepi. Hanya ada beberapa warung. Meskipun tak punya pasir di bibir pantai, pantai ini menawarkan ketenangan amat luar biasa.

Dengan dikelilingi hutan mangrove, pantai ini menjadi semakin asri. Kamu bisa hunting-hunting foto senja di sela-sela pohon mangrove.

6. Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo. Garis pantainya cukup panjang. Meski tak punya bibir pantai luas. Namun, pantai ini menghadap langsung ke matahari tenggelam.

Kamu bisa menikmati senja sambil kulineran khas pesisir. Ada banyak rumah makan yang menawarkan ikan bakar hingga pindang serani.

7. Pantai Bondo

Pantai di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri ini, bisa dibilang paling merakyat. Betapa tidak, kuliner-kuliner yang ditawarkan rata-rata seharga kaki lima. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pantai ini nyaris tak pernah sepi pengunjung.

Sepanjang garis pantainya menghadap matahari tenggelam. Jangan harap kamu bisa temukan kopi ala barista macam di café-café.

Di Pantai Bondo, kamu hanya akan mendapati kopi-kopi sachet yang bisa kamu nikmati sambil bermusik ria, bercengkerama dan berdiam diri di pasir sambil mengantarkan matahari tenggelam di ujung laut.

Belum lagi, pantai-pantai di Karimunjawa, Jepara. Lebih lagi, Pemerintah Kabupaten Jepara berencana membuka seluruh wisata di Kota Ukir tersebut.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...