Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelabuhan Merak Nyaris Lumpuh, Menhub Siapkan Dua Pelabuhan Tambahan

Pelabuhan Merak Nyaris Lumpuh, Menhub Siapkan Dua Pelabuhan Tambahan
menhub saat tinjau pelabuhan Ciwandan Banten (dok. Kemenhub)

MURIANEWS, Banten- Arus mudik di Pelabuhan Merak sangat padat. Bahkan Sebagian besar kendaraan yang hendak masuk ke kapal untuk melakukan penyebrangan harus antre hingga berhari-hari. Aktivitas Pelabuhan Merak bahkan nyaris lumpuh.

Karena itu, untuk mengurai kepadatan kendaraan di  Merak, Mennteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menyediakan dua pelabuhhan tambahan.

Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten, hari ini. Dermaga tersebut akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Baca: Masuk Ke Pelabuhan Merak, Kendaraan Antre Sejak Kamis

Menhub memimpin langsung proses pengoperasian dermaga Ciwandan, mulai penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal, sampai masuknya kendaraan ke kapal.

“Kami akan siapkan sembilan kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini,” jelas Budi, dikutip dari Detik.com, Sabtu (30/4/2022).

Selain Ciwandan, Budi menjelaskan telah mengoperasikan Pelabuhan Indah Kiat sejak Jumat (29/4) kemarin.

Di pelabuhan tersebut telah disiapkan 2 kapal yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I.

Seperti diketahui, animo masyarakat sangat tinggi yang mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Baca: Sniper Disiagakan di Pelabuhan Merak, Jaga Keselamatan Pemudik

Menhub menyetujui usulan Kapolres Cilegon, untuk mengimbau masyarakat menunda perjalanan menyeberang ke Merak nanti malam. Diharapkan, pemudik menunggu sampai kapasitas kembali meningkat di Merak untuk menghindari makin padatnya pelabuhan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam,” katanya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...