Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Cara Pelaku Pencurian Bermodus Petugas Bansos di Pati Kelabui Korbannya

Begini Cara Pelaku Pencurian Bermodus Petugas Bansos di Pati Kelabui Korbannya
ILUSTRASI

MURIANEWS, Pati – Satu dari dua pelaku pencurian perhiasan beraksi di Desa Mencon, Kecamatan Pucakwangi, Pati, Jumat (29/4/2022) siang berasil diamankan kepolisian setempat.

Pelaku yang diamankan adalah OS (28) warga Pemalang. Satu lainnya, B (45) warga Palu berhasil kabur. Keduanya beraksi dengan menyamar jadi petugas bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Kasi Humas Polres Pati, Iptu Sukarno mengungkapkan kronologi kejadian. Pada pukul 12.15 WIB, korban yang bernama Kusni sedang bersantai di rumahnya. Kemudian didatangi oleh kedua pelaku.

Baca: Hati-Hati! Dua Pelaku Pencurian Bermodus Bansos Beraksi di Pati, Satu Berhasil Kabur

“Salah satu pelaku berinisial B (45) yang kini masih menjadi DPO bertanya kepada korban, apakah korban sudah disuntik vaksin atau belum,” ujar Iptu Sukarno, Sabtu (30/4/2022).

Setelah itu, lanjut Sukarno, pelaku mencoba mengelabui korban dengan mengatakan korban mendapat bantuan sosial Covid -19 sebesar Rp 300 ribu sebanyak tiga kali pencairan, dengan syarat korban difoto tanpa memakai perhiasan.

Korban mulanya tak menaruh curiga dan menuruti permintaan pelaku dengan melepas semua perhiasan yang berada di tubuhnya. Setelah korban melepas perhiasan. Para pelaku pun melancarkan aksinya.

“Pelaku OS mengajak korban untuk foto di dapur. Kemudian B mengambil perhiasan di kamar korban,” terang dia.

Setelah para pelaku berhasil melancarkan aksinya, keduanya bergegas pergi meninggalkan rumah Kusni. Melihat gelagat itu, korba curiga terhadap mereka berdua. Kemudian, korban mengecek perhiasannya di kamar, namun ternyata sudah raib.

“Kemudian korban lari mengejar kedua pelaku yang ada di depan rumah dengan posisi kedua pelaku sudah berada di atas sepeda motor honda scoopy bernomor polisi K-5658-MU,” tutur Sukarno.

Sambil meneriaki mereka maling, korban menarik jaket kedua pelaku dan berhasil menarik jaket OS hingga lepas. Pelaku kemudian kabur namun seorang di antaranya berhasil dikejar dan diamankan warga.

“Kemudian pelaku diamankan oleh petugas dari Polsek Pucakwangi yang sedang melaksanakan patroli. Polisi membawa OS beserta beberapa barang bukti,” kata Sukarno.

Pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti terdiri dari 6 (enam) lembar kwitansi pembelian emas, 1(satu) buah jaket warna abu-abu merek Reborn Co dan 1 (satu) unit sepeda motor Honda Scoopy nopol K-5658-MU warna hitam Noka.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...